POLITIK

Wakil Ketua DPRD Kaltim Optimistis APBD Kaltim 2021 Segera Disahkan

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Belum disahkannya Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Kaltim Tahun 2021 sampai saat ini, membuat Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun angkat bicara.

Politisi Fraksi PDI Perjuangan tersebut menganggap pengesahan KUA-PPAS APBD Kaltim Tahun 2021 masih memungkinkan. Meskipun mundur dari jadwal yang telah ditetapkan.

Dari keterlembatan itu, Samsun mengatakan jika Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD) masih beda persepsi dengan Badan Anggaran (Banggar) terkait usulan dua proyek Multi Years Contract (MYC).

“APBD tahun 2021 bisa disahkan dan masih memungkinkan. Meskipun mundur jadi jadwal yang telah ditentukan. Terkait dengan hal itu karena awalnya beda persepsi antara TAPD dengan Banggar DPRD Kaltim terkait dengan usulan proyek MYC,” ujar Samsun, Rabu (18/11/2020).

Sesuai penyampaian dari TAPD, Samsun juga membeberkan jika proyeksi APBD Kaltim Tahun 2021 sekira Rp 11 Triliun. Meskipun penetapannya molor dari target karena usulan dua proyek MYC. Menanggapi hal ini pihaknya juga akan melakukan konsultasi terlebih dahulu terkait kewenangan pemerintah daerah dan pusat.

“Proyeksi APBD Tahun 2021 dari TAPD itu menyampaikan nilainya sebanyak Rp 11 Triliun. Kalau molor dari target ini kan kami mau kosultasi. Itu juga terkait kewenangan daerah dan pusat. Nanti kami konsultasikan dahulu hal itu,” terangnya.

Sementara itu Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim HM Sa’bani mengatakan, pihaknya belum memastikan proyeksi APBD Kaltim Tahun 2021 dapat menyentuh Rp 11 Triliun atau tidak. Meskipun Pemprov Kaltim telah mengusulkan penggunaan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) sebesar Rp 2 triliun.

“Saya belum cek betul kalau ditotalkan apakah menyentuh angka Rp 11 Triliun atau tidak. Tetapi dari Silpa itu kami usulkan untuk Rp 2 triliun penggunaannya kalau disetujui,” sebutnya kepada Kate.id melalui telepon.

Senada dengan Samsun, Sa’bani pun menegaskan optimistis jika APBD Murni Kaltim Tahun 2021 bisa disahkan akhir bulan November ini. “Kami optimistis APBD Murni Kaltim Tahun 2021 diketuk akhir bulan ini. Kita tunggu saja,” sebut Sabani. (fer)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top