POLITIK

Pemkab dan DPRD Kutai Kartanegara Sepakati KUA-PPAS APBD 2021

Ahmad Zulfiansyah, saat membacakan KUA-PPAS 2021. (Foto: Hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Setelah melewati tahapan yang cukup panjang, akhirnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) menyepakati Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara(PPAS) APBD 2021. Kesepakatan ini lahir dalam sidang paripurna Rabu (18/11/2020) malam, di gedung serba guna sekretariat DPRD Kukar.

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Kukar Alif Turiadi didampingi wakil ketua lainnya Didik Agung Eko Wahono dan Siswo Cahyono. Hadir juga Plt Bupati Kukar Chairil Anwar dan Sekretaris Daerah (Sekda) Sunggono.

Ahmad Zulfiansyah yang mewakili Banggar DPRD Kukar menyampaikan, dalam laporan banggar hanya memuat pokok-pokoknya saja. Tahapannya sudah dipastikan sesuai dengan PP Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Pemkab telah menyerahkan Nota Keuangan KUA-PPAS APBD 2021 pada tanggal 28 Agustus 2020 dan terus dilakukan pembahasan antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Banggar DPRD, hingga bisa disepakati pada malam hari ini,” ucapnya.

Zulfiansyah menjabarkan, pendapatan daerah yang diproyeksi normal tahun depan mengalami penurunan. Dari Rp 4,61 triliun menjadi Rp 3,23 triliun, atau turun Rp 1,3 triliun. Penurunan pendapatan tersebut berasal dari Pendapatan Asli Daerah(PAD) dari Rp 489,65 miliar menjadi Rp 470,76 miliar atau berkurang Rp 18,89 miliar.

“Dana perimbangan juga alami penurunan, dari Rp 4,12 triliun turun menjadi Rp 2,76 triliun,” ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Kukar serta pihak-pihak yang mensukseskan KUA-PPAS 2021 bisa disepakati bersama. Dan media cetak dan elektronik yang membantu memublikasi kerja Pemkab dan DPRD terkait kesepakatan KUA-PPAS 2021.

“Selanjutnya akan dibahas secara mendalam. Sampai menjadi Rencana APBD 2021 dan disahkan menjadi Perda APBD 2021, paling lambat akhir bulan ini sudah disahkan,” sebut Zulfiansyah. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top