POLITIK

DPRD Kaltim Minta Pemprov Penuhi Syarat Pembangunan Flyover

Ketua Komisi III DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – DPRD Kaltim meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) memenuhi syarat pembangunan flyover di Jalan Muara Rapak, Balikpapan. Permintaan ini setelah Komisi III DPRD Kaltim meninjau ke lapangan terkait usulan pembangunan proyek tersebut.

Ketua Komisi III DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud mengatakan, pada prinsipnya pihaknya menyetujui usulan pembangunan tersebut. Dari hasil tinjauannya di lapangan, Hasan mengatakan jika Pemprov Kaltim harus memenuhi beberapa syarat. Antara lain pemenuhan dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

“Di Balikpapan kan belum pernah ada MYC. Jadi mudah-mudahan ini yang pertama. Tetapi kami dari Komisi III harus melihat bahwa dari aspek teknis dan Amdal-nya harus diselesaikan terlebih dahulu. Kemudian, administrasinya juga harus betul,” sebut legislator dari Fraksi Golkar tersebut.

Jika hal itu sudah dipenuhi oleh Pemprov Kaltim maka Komisi III pun akan menyetujui hal itu dalam perubahan anggaran tahun 2021-2023. “Kalau itu sudah dipenuhi, ya kita tentu setuju untuk perubahan penganggaran 2021-2023. Kan MYC. Memang ada beberapa syarat yang belum terpenuhi. Contohnya Amdal itu,” imbuhnya.

Selain itu Hasan juga menerangkan jika rencana pembangunan flyover tersebut seharusnya dibiayai menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN). Dia pun optimistis dalam prosesnya pembangunan bisa berlangsung secara cepat.

“Karena seharusnya APBN, harus ada koordinasi ke pusat. Kami harus minta surat dari gubernur ke pusat. Lalu dari pusat akan dipindahkan ke provinsi. Saya kira perihal teknis dan segala macamnya itu bisa selesai cepat. Itu bergantung dari pemerintah. Kalau bisa cepat, jangan kasih lama,” harap Hasan. (fer)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top