POLITIK

Wakil Rakyat Kutai Kartanegara Minta Pemkab Perhatikan Dusun Tertinggal

Anggota DPRD Kukar Ahmad Yani. (Foto: istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Masih banyaknya dusun tertinggal di Kutai Kartanegara (Kukar) mendapat perhatian wakil rakyat di DPRD. Anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan Akhmad Yani meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar memperhatikan pembangunan yang ada di wilayah desa atau dusun tertinggal.

“Saya ada beberapa kali kunjungan ke lapangan wilayah dusun tertinggal. Infrastruktur di dusun tertinggal sangat memprihatinkan,” ucap Yani belum lama ini.

Salah satu dusun itu, sambungnya, adalah Dusun Batu Hitam di Desa Loa Duri Ulu, Kecamatan Loa Janan. Yani merasa kasihan lantaran akses jalan di sana masih rusak parah.

“Masyarakat Batu Hitam butuh akses jalan yang bagus, kasihan juga bertahun-tahun harus melewati jalan perusahaan. Sedangkan kita tahu jalan perusahaan kalau hujan sangat licin,” terangnya.

Yani menambahkan, untuk mewujudkan keinginan masyarakat tersebut, harus ada perubahan status jalan perusahaan batu bara. Apakah minta dihibahkan dari perusahaan atau ada opsi lainnya terhadap status jalan tersebut.

Wakil Rakyat Daerah Pemilihan (Dapil) Loa Kulu-Loa Janan itu menuturkan, penderitaan masyarakat Dusun Batu Hitam bukan hanya persoalan jalan masuk keluar dusun yang tidak baik. Masyarakat dusun tua tersebut juga mendambakan air bersih masuk ke daerah mereka.

“Saatnya Pemkab Kukar membangun fasilitas pengelolaan air bersih bagi masyarakat Dusun Batu Hitam,” pinta Yani.

Dia juga prihatin dengan dusun yang sangat tertinggal di Desa Sungai Payang. Kecamatan Loa Kulu. Masyarakat Dusun Beruak belum menikmati listrik sampai sekarang. Kecuali yang punya dana lebih, harus membeli mesin genset listrik.

“Masyarakat Dusun Beruak, bertahun-tahun belum menikmati listrik. Kalau bisa Pemkab Kukar bangun jaringan listrik disana,” pungkas Yani. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top