POLITIK

DPRD Kaltim Targetkan Pengesahan Sembilan Perda Akhir Tahun Ini

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kaltim Muspandi. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – DPRD Kaltim menargetkan pembahasan sembilan rancangan peraturan daerah (raperda)yang rencananya disahkan pada akhir tahun 2020.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kaltim Muspandi mengatakan pihaknya sampai sekarang memang belum menetapkan satu buah peraturan daerah (perda) karena hal itu memang sedang dalam tahap pembahasan.

“Memang permasalahannya bukan hanya DPRD Kaltim dianggap tidak menjalankan tugas, tetapi memang ini akan tertumpuk di bulan Desember untuk pengesahannya. Ada kurang lebih sekira sembilan Perda yang akan ditetapkan secara bersamaan,” jelasnya.

“Berkaitan dengan belum ditetapkannya satu buah Perda di DPRD Kaltim, memang ini masih dalam tahapan pembahasan oleh pansus maupun dibahas oleh komisi-komisi,” sambung Muspandi.

Legislator Fraksi PAN tersebut juga menambahkan jika idealnya sebelum sembilan perda itu ditetapkan sebaiknya harus dilakukan uji publik terlebih dahulu.

“Termasuk juga kerja-kerja pansus itu nanti di bulan November ini akan melakukan uji publik. Karena idealnya harus uji publik dulu, barulah ditetapkan,” sebut Muspandi.

Sehingga dari proses tersebut, dia menegaskan jika pengesahan Perda hanya mengalami penundaan saja. Salah satunya disebabkan faktor pandemi Covid-19 mulai dari April kemarin.

“Bukan berarti kami saat ini tidak bekerja. Justru memang akan tertumpuk dan tertunda saja penetapan itu karena ada situasi pandemi kemarin mulai bulan April sampai Agustus,” tandas Muspandi. (fer)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top