METROPOLIS

Dinsos Kutai Kartanegara Siapkan Bantuan Sembako Tahap Ketiga

Kepala Dinsos Didi Ramyadi. (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Sosial (Dinsos) bakal menyalurkan bantuan sembako tahap ketiga. Yaitu untuk masyarakat Kukar yang terkena dampak langsung adanya pandemi Covid-19.

“Bantuan sembako ditujukan untuk masyarakat Kukar yang terdampak langsung dengan adanya Covid-19. Seperti masyarakat yang kurang mampu, terkonfirmasi positif Covid-19,” sebut Kepala Dinsos Kukar Didi Ramyadi.

Dijelaskan, bantuan sembako tahap kedua sudah disalurkan. Sesuai data dari pihak RT/RW melalui kepala desa dan lurah. Sehingga semua bantuan disalurkan disebut sudah tepat sasaran. Bantuan sembako yang akan disalurkan sebanyak sepuluh macam terdiri beras, gula dan susu.

Kata Didi, pendataan Dinsos Kukar menunjukkan masih ada masyarakat yang belum dapat bantuan sembako. Berdasarkan laporan dari RT/RW yang disampaikan pihak desa/kelurahan, terdapat 6.616 masyarakat yang belum mendapat bantuan.

“Ada sekira 6.616 orang yang belum dapat. Rencana akan kami salurkan di tahap ketiga, sebab masih menunggu anggaran perubahan,” terangnya.

Untuk memastikan tidak ada warga yang terlewatkan, Dinsos bakal melakukan pendataan ulang sebelum kembali menyalurkan bantuan sembako pada masyarakat. Hal ini juga dilakukan supaya jangan sampai warga yang sebelumnya telah dapat bantuan kembali menerima.

Dalam hal ini Dinsos, sebut Didi, sudah membentuk tim khusus Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) yang bertugas di setiap desa/kelurahan. Demi melakuakn verifikasi dan validasi apakah data tersebut sudah mendapat bantuan atau belum.

“Jadi sebelum bantuan disalurkan, akan diverifikasi dan validasi terlebih dahulu oleh puskesos,” bebernya. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

POPULER

To Top