EKONOMI & BISNIS

Terima Keluhan Petani, Plt Bupati Kutai Kartanegara Berikan Solusi

Plt Bupati Kukar Chairil Anwar saat bincang-bincang pertanian bersama Petani Tenggarong Seberang. (Foto: Hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Belum lama ini Plt Bupati Kukar Chairil Anwar menghadiri sarasehan bersama petani Tenggarong Seberang. Guna mendengar secara langsung keluhan dari para petani dan apa yang bisa dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar demi membantu petani.

Salah satu dari petani yang menyampaikan keluhannya pada orang nomor satu di Pemkab Kukar tersebut yaitu Kadiran. Dia mengeluhkan bantuan dari Pemkab Kukar berupa hand sprayer sesuai permohonan petani yang belum kunjung tiba dan diterima.

“Kami belum terima bantuan hand sprayer dari Pemkab Kukar. Bantuan tersebut diharapkan segera terwujud, karena petani sangat membutuhkan demi peningkatan produksi pertanian, “ keluh Kadiran.

Mendengar keluhan dari rakyatnya, Chairil menjelaskan dan meminta kepada petani yang ada di Tenggarong Seberang untuk bersabar. Karena Perda APBD Perubahan 2020 baru saja ditandatangani oleh Chairil setelah mendapat restu dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

“Sebentar lagi Pak, harap bersabar. Karena Dokumen Pelaksanaan Anggaran(DPA) APBD Perubahan 2020 sudah saya teken. Jadi OPD sudah bisa membelanjakan rencana anggaran yang masuk di APBD Perubahan,” sebut Chairil.

Dia menjelaskan kenapa bantuan untuk petani bisa lama cair. Karena jabatan Pj atau Plt Bupati sangat jauh berbeda dengan dahulu. Saat ini Plt Bupati harus mendapatkan izin dalam merealisasikan anggaran dari Kemendagri.

“Jika izin belum keluar, jangan harap bisa mendapatkan kewenangan menjalankan anggaran dengan cepat. Makanya saya berinisiatif mendatangi langsung ke pusat untuk memperoleh izin. Alhamdulillah sudah dapat,” tutup Chairil. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top