METROPOLIS

Lomba Karya Ilmiah Tingkatkan Kemampuan dan Wawasan Remaja Kutai Kartanegara

Suasana Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) tingkat SMA/sederajat tahun 2020, Kamis (12/11/2020). (Foto: Humas PEmkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Upaya meningkatkan kemampuan dan wawasan remaja dalam menganalisa permasalahan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Tebaru melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang menggelar Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) tingkat SMA/sederajat tahun 2020.

Digelar Aula Kedaton Kabupaten Kukar, Kamis (12/11/2020), lomba ini bertujuan mencari solusi yang tepat melalui penelitian ilmiah dan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kepala Balitbangda Kukar Akhmad Hardi Dwi Putra yang membuka lomba menuturkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM). Juga sebagai bahan atau data penunjang dalam menyusun kebijakan teknis daerah di bidang penelitian dan pengembangan serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) bagi SDM maupun OPD terkait. Khususnya Balitbangda dalam menyusun kebijakan daerah terhadap penelitian maupun pengembangan IPTEK. Tentunya kegiatan ini harus terus diselenggarakan demi menciptakan SDM yang lebih berkualitas,” ujar Akhmad Hardi.

Kompetisi ini, kata Hardi, merupakan ajang kompetisi ilmiah remaja paling berat dan berbobot. Lantaran diadakan di tengah pandemi Covid-19. Di mana saat ini kita dituntut untuk terus meningkatkan kemampuan dan kesadaran dalam pengembangan iptek dengan semua keterbatasan yang ada.

“Namun tentunya tetap mengutamakan dan menerapkan protokol kesehatan,” sebut Hardi.

Lebih lanjut dia mengharapkan peserta yang lolos finalis LKIR tersebut untuk tidak berpuas diri. Melainkan tetap konsisten membuat karya ilmiah yang lebih baik lagi. Guna menghadapi masa depan yang lebih cemerlang.

Sementara bagi juri yang menilai agar melakukan penilaian dengan profesional sesuai kaidah-kaidah yang sudah disepakati. Sehingga pemenang LKIR yang dihasilkan merupakan personal maupun kelompok yang telah teruji dan memiliki standar kualitas dalam konteks penyusunan karya ilmiah.

“Terus bersemangat, pacu terus kemampuan dengan menggali kemampuan yang ada dalam meningkatkan IPTEK guna menciptakan SDM yang berkualitas, profesional, inovatif dan kreatif dibidang karya karya ilmiah, dan tentunya penilaian juri juga harus benar benar profesional dan sesuai kaidah kesepakatan,” harap Hardi. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top