EKONOMI & BISNIS

BUMDes Sido Mulyo Kutai Kartanegara Dibentuk, Fokus Garap Bisnis Pertanian

Kantor Desa Sido Mulyo Kecamatan Anggana. (Foto: Hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Desa Sido Mulyo Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara (Kukar) membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Yang akan fokus di bidang pertanian. Karena Sido Mulyo didominasi masyarakat yang berprofesi sebagai petani, sangat cocok untuk pengembangan usaha pertanian.

“Sudah kami bentuk BUMDes Sido Mulyo bernama Sido Makmur. Yang akan lebih banyak bisnis di sektor pertanian,” ucap Kepala Desa (Kades) Sido Mulyo, Agus Hariyanto, belum lama ini.

Demi melancarkan roda gerak BUMDes, di APBDes 2020 Agus mengeluarkan kebijakan penyertaan modal sebesar Rp 100 juta. Yang akan dikembangkan serta nantinya berbagi keuntungan dengan pihak desa.

“Keuntungan yang diterima desa, akan menjadi pendapatan asli desa,” ujarnya.

Agus sudah mengetahui pendapatan desanya yang bersumber dari Alokasi Dana Desa(ADD) dan Dana Desa(DD) akan berkurang tahun depan. Seiring pendapatan Kukar yang alami penurunan secara drastis. Letak Sido Mulyo sangat strategis, karena dekat dengan wilayah Makroman Samarinda.

“Diharapkan dalam pengembangan BUMDes Sido Makmur tidak ada kendala dan mampu mendapatkan keuntungan. Dan Keberadaan BUMDes juga diharapkan bisa membantu petani dalam memenuhi kebutuhan pertanian masyarakat,” jelasnya. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top