METROPOLIS

Plt Bupati Optimistis Kutai Kartanegara Tidak Akan Krisis Pangan

Plt Bupati Kukar Chairil Anwar bersama pejabat terkait usai panen jagung di Tenggarong Seberang. (Foto: Hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Plt Bupati Chairil Anwar optimistis Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dengan luas wilayah yang dimilikinya tidak akan mengalami krisis pangan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang berkepanjangan dan belum diketahui kapan berakhirnya.

Hal ini lantaran Kukar telah memiliki kecamatan yang menjadi sentra pangan. Bahkan pembukaan lahan baru pengembangan pangan juga terus dilakukan Pemkab Kukar. “Saya yakin Kukar tidak akan krisis pangan,” ucap Chairil optimistis.

Dia menyebut kecamatan yang sudah terkenal dengan lumbung pangan di Kukar mencakup Tenggarong, Tenggarong Seberang, Muara Badak, Loa Janan, Loa Kulu, dan Marangkayu. Hal ini terus dijaga dan dipertahankan agar tidak tergerus dengan kepentingan lainnya.

Sedangkan pembukaan kawasan baru pengembangan pangan mulai dilakukan di Tenggarong Seberang. Untuk kecamatan lainnya segera menyusul karena akan dilakukan pemetaan terlebih dahulu.

“Belum lama ini sudah pembukaan lahan baru di Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberang seluas 460 hektare yang digarap Kodim 0906 Tenggarong. Yang diperbantukan dengan pihak lainnya, termasuk dari Pemkab Kukar melalui Dinas Pertanian dan Peternakan,” kata Chairil.

Diakui dari dahulu Kukar menjadi penyumbang pangan terbesar di Kaltim. Komoditas padi, sayur mayur, perikanan, dan peternakan terdistribusikan sampai ke daerah lainnya di wilayah Kaltim. Masih banyak lahan tidur yang belum tergarap.

Chairil sudah mengintruksikan kepada Distanak untuk terus melakukan langkah-langkah strategis. Dan terus merangsang agar petani kita terus bersemangat bertani di areal yang baru.

Selain itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar akan meningkatkan frekuensi produksi padi. Dari rata-rata per hektare-nya mencapai hasil dua ton per tahun menjadi tiga ton per tahunnya. Upaya ini diharapkan bisa berhasil.

“Pemkab Kukar sudah membantu bibit dan alsintan. Bantuan dari Pemerintah Pusat dan provinsi juga ada yang ke tangan petani Kukar. Saling menguatkan satu dengan yang lainnya, agar pertanian Kukar makin maju,” tandasnya. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top