POLITIK

Fraksi PKB Dorong Pemprov Kaltim Tidak Asal Pilih Kepala OPD

Ketua Fraksi PKB DPRD Kaltim Syafruddin. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Ketua Fraksi PKB DPRD Kaltim Syafruddin menanggapi pengumuman hasil seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

Legislator yang kerap disapa Udin itu mengatakan jika sebaiknya Pemprov Kaltim mengumumkan secara transparan siapa saja kandidat yang akan mengisi jabatan pimpinan tinggi. Dari hal itu dirinya mengharapkan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terpilih nantinya adalah orang yang berkualitas.

“Hasil dari seleksi sebaiknya dibuka saja datanya oleh Pemprov Kaltim. Baik oleh tim seleksi maupun gubernur, wakil gubernur atau Sekdaprov Kaltim. Karena kita berharap Kepala OPD yang terpilih nantinya memiliki kualitas dan memahami bidangnya,” ucap Udin saat dijumpai di Kantor DPRD Kaltim, Senin (9/11/2020).

Keterbukaan tersebut menurutnya sangat penting. Karena selaku perwakilan anggota dewan, dia tidak menginginkan jika Pemprov Kaltim memiliki Kepala OPD secara sepihak atau tidak objektif.

“Tidak boleh lagi hanya karena persoalan like dan dislike dari Pemprov Kaltim dalam memilih Kepala OPD. Hal itu kan terkesan seperti dipaksakan saja menjadi Kepala OPD,” tegasnya.

“Sekarang kita menginginkan Kepala OPD yang ditetapkan oleh Pemprov Kaltim melalui tim seleksi adalah orang-orang yang memiliki kualitas tinggi,” tambahnya.

Dari hal itu, Udin juga ingin apabila Kepala OPD yang terpilih nantinya bukan berasal dari lingkungan pegawai tingkat Kabupaten Kota. Melainkan berasal dari lingkungan pegawai Pemprov Kaltim pula.

“Lebih bagus nantinya diprioritaskan pegawai Pemprov Kaltim dibanding pegawai kabupaten/kota,” tandasnya. (fer)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top