WISATA

Desa Suka Bumi di Kutai Kartanegara Tawarkan Wisata Air Terjun Eksotis

Plt Kadispar Kukar Thauhid Aprilian Noor saat mengunjungi objek wisata air terjun Suka Bumi. (Foto: Istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Belum lama ini Plt Kepala Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Kukar) Thauhid Aprilian Noor mengunjungi Desa Suka Bumi atau SP6 yang masuk wilayah Kecamatan Kota Bangun. Tujuannya untuk melihat secara langsung objek wisata Air Terjun Suka Bumi yang memiliki nilai eksotis.

“Saya sudah lihat. Air Terjun Suka Bumi sangat bagus dan indah, makanya saya senang ke lokasi tersebut,” ucap Thauhid, Rabu (11/11/2020) siang di ruang kerjanya.

Dia berujar, untuk menuju lokasi air terjun tersebut satu arah juga menuju desa budaya Kedang Ipil Kota Bangun. Yang juga memiliki objek wisata air terjun. Sebelum ke Kedang Ipil pasti melewati Suka Bumi.

“Terasa tidak lengkap kalau kita hanya mengunjungi salah satu air terjun saja. Lebih enak kalau keduanya kita singgahi,” tutur Thauhid.

Dia mengakui objek wisata alam seperti pantai dan air terjun ramai dikunjungi. Terutama saat akhir pekan. Untuk objek wisata yang dikelola pemerintah tutup total, seperti Pulau Kumala, planetarium jagat raya, waduk panji Sukarame, dan Pantai Tanah Merah Samboja.

Plt Kadispar Kukar Thauhid Aprilian Noor saat mengunjungi objek wisata air terjun Suka Bumi. (Foto: Istimewa)

Diketahui, objek wisata yang dikelola swasta termasuk Air Terjun Suka Bumi tetap dibuka di masa pandemi. Tetapi harus menerapkan standar protokol pencegahan Covid-19.

“Tingkat kunjungan harus dibatasi, hanya 30 persen dari tingkat kunjungan normal,” ucapnya.

Lebih lanjut Thauhid berterima kasih kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang ada di desa-desa. Lantaran mau mempromosikan dan memajukan objek wisata di daerahnya. Hal ini menurutnya sangat penting.

“Kemajuan sektor pariwisata Kukar, ada peran serta para Pokdarwis. Keberadaan Pokdarwis sangat penting dan patut kita hargai. Sudah beberapa kali kami gelar pelatihan, untuk meningkatkan kapasitas pengurus Pokdarwis,” tutup Thauhid yang juga menjabat Ketua KNPI Kukar ini. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top