METROPOLIS

ASN Kutai Kartanegara Diharapkan Punya Tiga Kecerdasan

Sekda Sunggono (dua dari kanan) saat membuka Character Building ESQ tahap II Tahun 2020, Rabu (11/11/2020). (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Upaya reformasi birokrasi terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Salah satunya dengan pelatihan Character Building ESQ untuk aparatur sipil negara (ASN) di lingkup pemkab.

Rabu (11/11/2020), sebanyak 451 ASN dari 45 organisasi perangkat daerah (OPD) Kukar mengikuti Character Building ESQ tahap II Tahun 2020 dengan narasumber ESQ dari PT Arga Bangun Bangsa, Idham Khalid.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono didampingi Kabag Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Setkab Kukar Suhada, Kasubbag Kinerja dan Reformasi Birokrasi Fifin Indera Yani, di Ruang Vidcon Kantor Bupati Kukar, Rabu (11/11/2020) membuka acara tersebut.

Dalam sambutan Plt Bupati Kukar Chairil Anwar yang dibacakannya, Sunggono menyatakan pemkab tetap berkomitmen dan konsisten dalam melaksanakan program reformasi birokrasi dan pelayanan publik di daerah. Hal ini sebagai upaya membangun kemauan dan komitmen bersama, memelihara konsistensi dan keberlanjutan dengan tekad kerja keras.

Menurut dia, melalui character building ESQ, pada ASN diharap membangun karakter. Yang mampu menggabungkan potensi intelektual, emosi, dan spiritual dalam tiga kecerdasan yaitu IQ, EQ dan SQ.

Hal ini perlu lakukan dengan tujuan menghasilkan totalitas kompetensi yang didorong oleh tiga motivasi hidup dan bekerja. Bukan hanya dilandasi motivasi materi maupun emosi, namun juga motivasi spritual.

Karenanya diharapkan para peserta memahami begitu penting proses perubahan pada saat sekarang. Pemahaman para peserta sebagai role model perubahan dapat menghadapi tantangan ke depan.

Lebih lanjut dikatakan Sunggono, dengan penetapan sebagian wilayah Kukar masuk dalam IKN baru, dia menekankan perubahan bakal segera terjadi dan semua harus mempersiapkan diri dalam menghadapinya. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

POPULER

To Top