POLITIK

Wakil Rakyat Dorong Pemprov Kaltim Bergerak Tangani Ancaman Abrasi

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim Baharuddin Demmu (paling kanan) dalam reses di Marangkayu. (Foto: FB Baharuddin Demmu))

KUTAI KARTANEGARA, Kateid – Masyarakat di Desa Kersik, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terancam kehilangan tempat tinggal. Karena permasalahan abrasi pantai di desa tersebut yang makin memperihatinkan.

Hal ini terungkap dalam reses Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim Baharuddin Demmu beberapa waktu silam di kawasan tersebut.

“Dalam kegiatan reses kemarin yang paling harus direspon sebenarnya di desa Kersik di Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kukar. Di sana itu kan daerah pariwisata. Jadi tiap hari orang juga banyak datang berwisata di Pantai Biru Kersik,” terangnya kepada Kate.id melalui sambungan telepon.

“Cuma yang jadi problem kan tiap tahun terjadi abrasi itu sampai 10 meter di pantai. Jadi banyak rumah warga di sana sudah kena abrasi. Belum lagi yang dekat dengan bibir pantai pasti terancam,” tambah pria yang karib disapa Bahar ini.

Melihat permasalahan tersebut, Bahar mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim agar mencari solusi dari permasalahan abrasi di Desa Kersik.

“Sehingga mereka (masyarakat Kersik) minta baik Pemkab Kukar atau Pemprov Kaltim supaya turun mencarikan solusi agar abrasi pantai ini tidak terus menrus menjadi ancaman. Karena kalau hal itu tidak ditangani mulai lima sampai sepuluh tahun kedepan itu bisa jadi masalah,” ucapnya.

Bahar khawatir apabila permasalahan iitu tidak segera ditangani maka keberadaan Desa tersebut makin terancam dan bahkan hanya tinggal nama saja.

“Saya berharap Pemprov Kaltim ada kepedulian dan turun melihat kondisi disana. Lama-lama kampung ini hilang dan tinggal nama kalau enggak ditangani. Maka kami berharap dalam reses kemarin akan saya sampaikan di rapat-rapat nanti bersama Pemprov Kaltim,” tandasnya. (fer)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top