METROPOLIS

Taman Makam Pahlawan di Samarinda Perlu Dikembangkan

Gubernur Kaltim Isran Noor bersama jajaran Pemprov Kaltim dalam peringatan Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2020). (Foto: Yuvita Indrasari/Humasprov Kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – Keberadaan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa, Jalan Pahlawan Samarinda diharapkan bisa dikembangkan dan diperluas. Tanpa ada pembatasan sekat bangunan tembok di dalam makam. Sebagaimana diungkapkan Gubernur Kaltim Isran Noor.

“Kalau bisa diperluas makam ini tanpa ada pembatas atau sekat. Yang jelas, lebih diperbagus saja, tidak ada perbedaan makam pahlawan yang telah berjasa secara nasional maupun di daerah,” kata Isran usai Upacara Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2020) dalam siaran resmi Pemprov Kaltim.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Sosial Kaltim Agus Hari Kesuma mengatakan, maksud keinginan gubernur adalah makam harus diperbagus atau diperbaiki. Sehingga tidak ada sekat bagi mereka yang statusnya pahlawan nasional maupun daerah.

“Ini akan dikaji dan dikomunikasikan terlebih dulu dengan berbagai pihak, termasuk Pemkot Samarinda,” ujar Agus.

Sedangkan mengenai apa saja aturan atau syarat bagi mereka yang dimakamkan di TMP sudah jelas aturannya dalam lembaran Negara. Mereka yang dimakamkan di Taman Bahagia yang satu lokasi TMP direncanakan diatur dan didasarkan melalui Pergub.

“Jadi, siapa saja yang berhak dimakamkan di TMP Taman Bahagia, diharapkan ada Pergubnya yang mengatur. Yang jelas, mereka yang telah berjasa kepada daerah ini,” jelasnya. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top