POLITIK

Revolusi Jagung di Hulu Mahakam Berkembang, Anggota DPRD Kutai Kartanegara Senang

Sopan Sopian.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Anggota DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) daerah pemilihan Sopan Sopian dibuat senang, dengan berjalannya program Revolusi jagung yang digagas Pemkab Kukar. Bahkan untuk di enam Kecamatan yang masuk wilayah Hulu Mahakam juga sudah berjalan walau belum terlalu besar.

“Saya sangat mendukung program revolusi jagung di wilayah Hulu Kukar, karena menyangkut ketahanan pangan di Kukar, ” ucap Sopan, belum lama ini.

Sopan menambahkan, di beberapa wilayah hulu juga sudah marak petani menanam jagung. Mantan Kades Muara Muntai Ulu ini mengakui, sudah melihat secara langsung semangat masyarakat yang ada di hulu Mahakam dalam menanam jagung, ada dua desa yang sudah mulai banyak menanam jagung. Yaitu Desa Sebemban yang masuk Kecamatan Muara Wis, dengan Kayu Batu masuk Kecamatan Muara Muntai.

“Ketika panen jagung tiba, mereka menjual hasil panennya ke para pengepul. Namun, ada juga yang menjualnya secara langsung mencari pembeli,” jelas Sopian.

Sopan menambahkan, untuk tanaman jagung, ada jenis yang untuk dikonsumsi, ada juga jagung yang untuk dibuat pakan ternak. Dan menanam jagung mudah saja, hanya butuh keseriusan untuk ditekuni.

“Petani muda juga sudah mulai bergerak untuk menanam jagung, ” ucapnya.

Untuk diketahui, trend menanam jagung di Kukar semakim meluas, sebagaimana yang disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar, Sutikno yang menyebut, program revolusi jagung di Kukar yang baru digarap sekitar dua tahun ini terbilang sukses, total lahan yang sudah ditanami jagung seluas 2.300 hektare yang tersebar di 18 kecamatan, dan ini akan semakin ditingkatkan.

“Kukar sudah terkenal dengan lumbung beras di Kaltim, dan juga akan terkenal sebagai lumbung jagung, ” tandasnya. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top