METROPOLIS

Pemkab Kutai Kartanegara Ubah Jalan Bubur Menjadi Mulus

Pemkab Kukar saat melakukan pelantikan sejumlah pejabat struktural di atas aspal Desa Sebelimbingan, Kecamatan Kota Bangun akhir tahun 2019 lalu. (Foto: istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terus memaksimalkan infrastruktur jalan sebagai akses masyarakat. Hal ini tampak pada jalan poros Sebelimbingan-Tuana Tuha yang sekarang mulus, padahal sebelumnya dikenal dengan julukan jalan bubur.

Camat Kenohan Lukman Budiono menuturkan, jalan dengan panjang puluhan kilometer ini semuanya telah dilakukan pengerasan. Pemkab saat ini terus melakukan proses pengaspalan.

“Sekarang bisa terpangkas waktu lebih setengah jam untuk melintas di jalur ini. Masyarakat pasti sangat senang sekali,” ungkap Lukman.

Kata dia, dahulu “jalan bubur” itu sering membuat amblas kendaraan yang melewatinya. Tak pelak kemacetan panjang pun terjadi. Kala itu diakui bila kondisi keuangan daerah tidak sehat. Karenanya masyarakat bersyukur setelah jalan tersebut mendapat prioritas pembangunan dari Pemkab Kukar.

“Ada juga jembatan Keliran di Desa Tuana Tuha yang sempat amblas karena erosi. Jembatan itu juga sudah diperbaiki dan kini sudah bisa digunakan,” terangnya.

Kepala Bidang Teknis Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar Muhammad Andi Yahya membeberkan, di 2019 pemerintah fokus pengerjaan pengerasan badan jalan. Ini dilakukan lantaran jalan tersebut berada di atas rawa. Maka sebelum dilakukan peningkatan jalan dengan cara diaspal, dilakukan pengerasan terlebih dahulu.

“Untuk panjang jalurnya sekitar 32 kilometer dari Desa Sebelimbingan menuju Desa Tuana Tuha. Sebagian sudah dilakukan pengerasan dan diaspal. Di tahun 2020 akan kembali kita lanjutkan,” sebut Andi.

Peningkatan badan jalan pada akhir 2020 ini bakal dituntaskan pengerjaannya. Setelah di 2018 sempat terkendala lantaran defisit anggaran. Sekarang ini jalan tersebut sudah menjadi akses utama menuju kecamatan di hulu Kukar meliputi Tabang, Kembang Janggut, Kenohan dan Kota Bangun. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top