METROPOLIS

Lahan Eks Tambang Kutai Kartanegara Diubah Jadi Kawasan Hijau Menjanjikan

Lahan eks tambang di Kukar yang dimanfaatkan untuk pertanian. (Foto: istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Upaya pemanfaatan areal eks tambang batu bara terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Salah satunya dengan pengembangan kawasan hijau pada lahan eks tambang seluas 50 hektare.

Berada di Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, puluhan hektare lahan itu diubah menjadi kawasan pertanian terpadu yang disebut Tabuan Agro Techno Park. Seluas 2,5 hektare di antaranya telah ditanami padi sawah berbagai varietas, dengan panen perdana penanaman Juni pada September silam.

Menariknya penanaman benih padi pada lahan ini turut mengaplikasikan metode tanam benih langsung atau Tabela. Dengan menggunakan alat khusus yang dibuat langsung oleh petani.

“Metode ini bisa memangkas waktu pengerjaan, bahkan untuk satu hektare sawah bisa dikerjakan dua orang dan selesai dalam satu hari,” sebut Edy Rusman selaku pendamping penyuluh pertanian.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar Alfian Noor menyatakan, bukan tidak mungkin Tabuan Agro Techno Park menjadi destinasi wisata yang menjanjikan. Karenanya perusahaan mesti bisa bersinergi dalam mewariskan hal positif pada masyarakat.

“Harapan kami ini akan menjadi referensi pasca tambang bagi perusahaan yang ada di Kukar. Ini akan terus kami dorong termasuk Agrowisatanya,” sebut Alfian. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top