EKONOMI & BISNIS

Satpol PP Kutai Kartanegara Ikut Berperan Tingkatkan PAD

Kepala Satpol PP Kukar Fida Hurasani. (Foto: istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Optimalisasi peran sebagai penegak peraturan daerah (perda) dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kutai Kartanegara (Kukar). Terbaru, Satpol PP mengoptimalisasi peran dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui program O’SAPA-KU.

O’SAPA-KU adalah proyek perubahan yang digagas Kepala Satpol PP Kukar Fida Hurasani. Melalui program ini, sejumlah toko modern hingga menara atau tower telekomunikasi yang tidak memiliki izin ditindak Satpol PP Kukar.

Bukan hanya itu, penindakan juga dilakukan pada sektor-sektor retribusi lainnya sesuai peraturan daerah dan peran Satpol PP Kukar sendiri. “Menurut laporan Tim Efektif yang kami miliki, program ini telah menyasar ke toko-toko modern hingga tower telekomunikasi yang tidak memiliki izin,” sebut Fida.

Dijelaskan, program ini dimaksudkan supaya terwujud kesinambungan serta kontribusi Satpol PP terhadap daerah. Satpol PP dalam hal ini telah menjalin kerja sama dengan DPMPTSP dan Dispenda Kukar.

Ketiga organisasi perangkat daerah (OPD) ini memiliki data yang sama dalam upaya peningkatan PAD. Selama ini ketidaksesuaian data dari satu OPD dengan OPD lainnya yang memiliki keterkaitan menjadi kendala.

“Satu data bahwasanya untuk peningkatan PAD itu tidak bisa berjalan sendiri-sendiri,” sebut Fida.

Pada praktiknya, apabila ditemukan toko modern tidak berizin semisal tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Satpol PP bakal melayangkan surat teguran dalam pengawasan kepada pemilik toko. Lantas toko dimaksud diminta segera mengurus izin ke DPMPTSP. Alhasil pelaku usaha yang ingin berinvestasi bisa memberikan retribusi kepada daerah.

Peran Satpol PP nantinya, sambung Fida, bukan hanya sekadar hal-hal linier meliputi penertiban K3, Melainkan turut berkontribusi terhadap Peningkatan PAD di daerah, sebagaimana ditekankan Presiden RI Joko Widodo. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top