WISATA

Pantai Duta Pemedas Jadi Alternatif Wisata Kutai Kartanegara

Pantai Duta Pemedas. (Foto: istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Meski terbilang baru, Pantai Duta Pemedas sudah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar). Pantai ini baru dibuka untuk umum sekira sembilan bulan lalu dengan melibatkan warga sekitar pantai.

Zainal Abidin selaku Humas Pantai Duta Pemedas menuturkan, sebelum dibuka dilakukan renovasi dan dikembangkan bersama masyarakat lokal dekat pantai. “Sempat ditutup sementara di bulan tiga hingga enam karena lockdown akibat Covid-19,” ungkapnya.

Dijelaskan, dengan hamparan sekira panjang 850 meter, Pantai Duta Pemedas memiliki sejumlah fasilitas. Meliputi tempat swafoto, gazebo, sampai permainanan anak-anak salah satunya ayunan. Pun begitu, terdapat pula motor ATV yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk mengelilingi pantai.

Pantai yang dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai senja ini paling banyak disambangi keluarga untuk liburan. Biaya masuk ke pantai ini dikenakan sesuai kendaraan yang dipakai. Untuk mobil tiketnya Rp 30 ribu, sementara sepeda motor Rp 10 ribu.

“Tiket masuk bukan hitungan orang tetapi hitungan kendaraan,” jelas Zainal.

Sementara untuk pengunjung yang hendak berkemah, dia menyebut bakal ada fasilitas berupa penjagaan terkait keamanan dan kebersihan di pantai. Tiket masuknya tetap menggunakan perhitungan kendaraan. Pengunjung bisa membawa tenda sendiri atau menyewa gazebo untuk menginap. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top