OLAHRAGA

Lakukan Pemetaan, Disdikbud Kutai Kartanegara Cegah Krisis Atlet

Plt Kadisdikbud Kukar Ikhsanuddin Noor. (Foto: Hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) sudah memikirkan langkah supaya Kutai Kartanegara (Kukar) tidak mengalami krisis atlet. Dalam hal ini Disdikbud Kukar sudah melakukan pemetaan siswa yang memiliki potensi besar menjadi atlet berskala regional dan nasional.

“Yang kami lakukan saat ini dengan pemetaan dari sekarang para calon atlet, di sekolah-sekolah wilayah Kukar,” ucap Plt Kepala Disdikbud Kukar, Ikhsanuddin Noor.

Dia melanjutkan, Kukar yang memiliki wilayah besar mengalami krisis atlet sehingga harus mendatangkan atlet dari luar Kukar. Upaya pemetaan yang dilakukan yaitu dengan menekankan dan menyosialisasikan kepada sekolah, bahwa prestasi siswa di nonakademik berupa olahraga juga harus diperhatikan.

“Prestasi siswa di bidang akademik dan nonakademik tetap harus didukung. Pemerintah dan sekolah jangan membeda-bedakan. Karena setiap orang memiliki bakat yang tidak sama satu dengan yang lainnya,” ujar Ikhsanuddin Noor.

Kebijakan yang sudah dilakukan saat ini, jelasnya, dengan mendorong keikutsertaan siswa dalam liga olahraga berskala regional dan nasional. Yang lulus seleksi atau juara ini akan didata dan dilakukan pembinaan secara mendalam. Agar si siswa makin berkembang dengan bakat olahraganya.

“Selanjutnya kami akan kerja sama dengan KONI terkait pengembangan si siswa di bidang olahraga,” terang Ikhsanuddin.

Dia mengakui sampai saat ini terdapat siswa Kukar yang lulus dalam ajang Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) yang dahulu bernama Olimpiade Olahraga Siswa Nasional(O2SN). Bahkan sudah ada siswa yang sudah mengembangkan dirinya di bidang olahraga dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di Sekolah Khusus Olahraga Indonesia (SKOI). Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kukar.

“Sudah ada siswa Kukar lanjutkan sekolah di SKOI, ini yang akan kami pantau proses lanjutan pembinaannya,” tegas Ikhsanuddin. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

POPULER

To Top