WISATA

Kapal Berfasilitas Hotel Jadi Pilihan Baru Ekowisata Kutai Kartanegara

Kapal Queen Orca Houseboat tengah bersandar di Kukar. (Foto: istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Potensi wisata Kutai Kartanegara (Kukar) terus digali, baik oleh pemerintah, masyarakat, maupun pengusaha. Salah satunya potensi ekowisata susur Sungai Mahakam. Malahan kini tersedia wisata susur sungai dengan kapal berfasilitas hotel di Kukar.

Adalah Kapal Queen Orca Houseboat, kapal wisata premium dengan sensasi hotel yang menawarkan pengalaman wisata baru di Kukar. Menariknya alternatif wisata ini justru diluncurkan di tengah pandemi Covid-19, ketika minat wisatawan mancanegara menurun.

Dedi Nala Sudarya selaku General Manager Queen Orca Houseboat mengisahkan, kapal buatan tahun 1995 ini dahulu bernama Kutai Permai. Merupakan salah satu tempat bersantai favorit Bupati Kukar kala itu, Syaukani.

Melihat kapal ini sudah tiga tahun bersandar, Nala lantas memiliki inisiatif menjalin kerja sama dengan pemilik kapal.

“Setelah kami renovasi dan promosikan, Alhamdulillah peminatnya cukup baik. Bahkan hingga Desember mendatang sudah ada yang memesan jadwal untuk menggunakan kapal tersebut,” ungkap Nala.

Diuraikan, kapal ini memiliki fasilitas ruang privat dan eksekutif dengan full AC sentral. Ada empat tipe kamar meliputi satu jenis queen cabin dengan fasilitas kamar mandi di dalam kamar, sofa, king size bed dengan AC sentral.

Kemudian tiga jenis kamar lainnya adalah eksekutif, bisnis dan ekonomi. Setiap kamar memiliki fasilitas yang menyesuaikan tipe kamar.Total ada 11 kamar dengan kapasitas 22 orang.

Demi memanjakan wisatawan, beragam fasilitas disediakan di dalam kapal mulai dari karaoke, ruang makan, ruang pemutaran film, juga ruang bersantai. Sejumlah rute bisa dipilih wisatawan yang memesan kapal ini untuk berwisata.

Menurut Nala, rute susur sungai Mahakam ini dahulu di penghujung 90-an banyak diidolakan. Pasalnya kala itu belum banyak jalan-jalan penghubung antarkecamatan dan kabupaten/kota. Alhasil berwisata dengan kapal ini bakal memberikan sensasi nostalgia.

Namun bukan hanya nostalgia, ekowisata susur sungai ini turut menyajikan edukasi perihal kebudayaan, adat istiadat, sembari menikmati pemandangan alam Kukar dari tengah sungai.

“Jadi kapal ini rutenya dari Tenggarong menuju hulu. Bahkan bisa sampai ke Kubar. Penumpang bisa singgah ke beberapa spot di kecamatan yang memiliki potensi ekowisata. Misalnya Kecamatan Muara Kaman yang banyak memiliki situs sejarah,” beber Nala.

Dikatakan, banyak wisatawan domestik dari luar Kalimantan sudah menikmati paket wisata susur sungai ini. Di antaranya memanfaatkannya untuk menggelar reuni hingga rapat-rapat terbatas.

“Kami memang berada di kelas premium ya. Target kami memang tamu-tamu dari kelas menengah ke atas, karena itu harganya mungkin bagi kalangan tertentu terdengar cukup mahal, tapi sesungguhnya tidak,” sebutnya. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

POPULER

To Top