POLITIK

Wakil Rakyat Sebut Nelayan Kutai Kartanegara Butuh Peran Pemkab

Anggota DPRD Kukar Heri Asdar. (Foto: Hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan secara global berdampak juga terhadap para nelayan yang ada di daerah pesisir seperti di Muara Badak dan Anggana, Kutai Kartanegara (Kukar). Para nelayan di pesisir mengeluh ke Anggota DPRD Kukar Heri Asdar bahwa pendapatan nelayan mengalami penurunan yang begitu drastis selama pandemi.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Kukar ini meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar untuk membantu para nelayan, guna meringankan beban kehidupan nelayan. “Saat ini, perekonomian para nelayan anjlok, butuh bantuan Pemkab Kukar,” ucap Heri, belum lama ini di kantornya.

Anggota DPRD daerah pemilihan Muara Badak, Marang Kayu dan Anggana ini menjelaskan, negara pembeli produk udang Kukar sudah mengurangi permintaannya. Negara tersebut seperti Taiwan, Hong Kong dan Singapura. Para petambak udang hanya menjualnya ke pengepul, dan pengepul tersebut yang mengirimkan udang Kukar ke Jakarta dan Surabaya. Untuk selanjutnya diekspor ke beberapa negara.

Selain itu pendapatan masyarakat juga mengalami penurunan hingga kebiasaan membeli udang dan ikan dikurangi.

“Negara yang menjadi langganan membeli udang Kukar mengurangi pasokannya, ini menjadi andalan nelayan. Pembelian masyarakat umum jiga tidak bisa diandalkan, karena tingkat pembelinya juga berkurang saat ini,” ujarnya.

Heri mengatakan, ke depannya diharapkan perekonomian masyarakat terutama nelayan akan semakin bergeliat, seiring rencana pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Samboja. Maka kebutuhan pangan juga akan makin tinggi permintaannya.

“Diharapkan pembangunan IKN bisa terwujud. Ini menjadi harapan baru bagi masyarakat pesisir, jika IKN terwujud perekonomian masyarakat semakin bergeliat,” ucapnya. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top