METROPOLIS

Pemkab Kutai Kartanegara Serius Garap Listrik Biogas

Sekda Kukar Sunggono. (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) serius dalam menggarap listrik biogas. Dalam rangka melakukan percepatan pembangunan fasilitas listrik di Kukar, khususnya di daerah-daerah terisolasi.

Penerapan biogas ini berdasarkan melimpahnya bahan baku biogas dari limbah sawit. Inilah yang sekarang membuka kembali wacana kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) Pemkab Kukar dengan dengan perusahaan kelapa sawit.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono menyebutkan, kerja sama pemkab dengan perusahaan sawit untuk penyediaan bahan baku limbah sawit menjadi listrik sangat memungkinkan. Listrik biogas dari limbah sawit itu bakal dikerjasamakan antara perusahaan kepada PLN. Berikutnya PLN menjual energi listrik yang tidak terpakai oleh perusahaan kepada masyarakat.

“Pak Bupati sangat intens sekali untuk urusan listrik tersebut. Salah satunya dengan sektor listrik biogas ini. Bisa kami undang nanti perusahaan sawit untuk membuat MoU atau semacam kesepakatan terkait hal ini,” beber Sunggono.

Perusda Kelistrikan dan Sumber Daya Energi (KSDE) yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menjadi perpanjangan tangan Pemkab Kukar dalam mengurusi dan membantu pihak perusahaan. Menyelesaikan berbagai proses administrasinya.

“Banyak perusahaan sawit yang memiliki potensi untuk mengolah limbah sawit menjadi listrik seperti di PT REA Kaltim Plantation. Kami akan maksimalkan potensi tersebut,” tutur Sunggono. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top