SAINS & TEKNO

Lamindaku Jadi Pusat Infografis Informasi Publik Kutai Kartanegara

Peluncuran situs web Lamindaku dari Diskominfo Kukar, Jumat (6/11/2020). (Foto: Diskominfo Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) terus berupaya menyajikan informasi publik dengan lebih baik. Terbaru, Diskominfo Kukar meluncurkan website atau situs web bernama Lamindaku.

“Website lamindaku yang diluncurkan hari ini memang sangat menarik ya. Ini kaitannya dengan penyampaian informasi dalam bentuk grafis. Jadi ini memang konsumsinya publik,” ungkap Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah dalam peluncuran, Jumat (6/11/2020).

Kata dia, penyampaian informasi saat ini tentunya harus bisa dicerna dan interaktif. Dalam hal ini Lamindaku mampu mewadahi itu semua. Dengan melihat grafis saja orangg bisa memaknai informasi atau pesan yang disampaikan.

“Saya menyambut baik dengan adanya website Lamindaku ini. Karena saat sekarang zaman teknologi informasi ini, semua informasi disampaikan dalam bentuk yang mudah dipahami, mudah dicerna, dan interaktif,” sebut Bahteramsyah.

“Siapapun yang melihat suatu bentuk grafis saja sudah memaknainya. Ada pesan-pesan yang disampaikan di dalam infografis tersebut. Jadi saya berharap Lamindaku ini bukan pada hari ini saja, tetapi ke depan sampai kepada nanti terus berfungsi sebagai website yang memang ramai dikunjungi oleh publik,” bebernya.

Lamindaku sendiri merupakan gagasan yang dikembangkan Kasie Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Diskominfo Kukar Hartono Kusbandi. Dia mengatakan lamindaku ini merupakan wadah infografis berisi informasi pemerintah dengan sajian infografis yang kekinian dan menarik.

“Saya menggagas Lamindaku, yang pertama saya lihat kita belum memiliki wadah, suatu tempat yang khusus untuk infografis yang menarik. Ada di media sosial, di website, dan sebagainya tetapi masih tersebar di mana-mana, belum terpusat,” ungkap Hartono.

Latar belakang kedua, sambungnya, dengan pesan-pesan infografis yang lebih kekinian, diharapkan audiens atau masyarakat terutama kaum milenial bisa turut memberikan sumbangsih. Untuk memperhatikan atau lebih peduli terhadap informasi-informasi yang diberikan oleh pemerintah berupa infografis, video animasi, atau karikatur.

“Ke depannya kami akan membentuk atau membuat semacam motion grafis, lebih ke animasinya,” tandas Hartono. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top