METROPOLIS

Kasus Penularan Covid-19 di Kaltim Masih Sangat tinggi

Andi Muhammad Ishak. (Foto: Humasprov Kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – Kasus Penularan Covid-19 di Kaltim masih sangat tinggi. Sebagaimana diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak.

Karenanya masyarakat Benua Etam diminta tetap waspada terhadap penularan Covid-19, yang jumlahnya mengalami tren peningkatan. Hal itu terlihat dari jumlah terkonfirmasi positif yang meningkat signifikan dalam beberapa hari terakhir.

“Angka kasus terkonfirmasi 401,7 dari 100.000 penduduk. Sedangkan angka kesembuhan berada pada 81,2 persen dan angka kematian 3,3 persen dari jumlah total terkonfirmasi,” kata Andi Muhammad Ishak, Kamis (5/11/2020).

Menurut dia, jumlah kasus terkonfirmasi itu masih sangat tinggi. Tetap waspada dan laksanakan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat.

Perkembangan terakhir penyebaran Covid-19 di Kaltim, per Kamis, jumlah terkonfirmasi positif sebanyak 14.950 kasus atau bertambah 307 kasus. Jumlah pasien sembuh 12.138 kasus (bertambah 238 kasus). Meninggal dunia 495 kasus (bertambah 1 kasus) dan masih dirawat 2.317 kasus.

Melihat angka tersebut, lanjut Sekretaris Dinas Kesehatan Kaltim ini, masyarakat hendaknya dapat melaksanakan protokol kesehatan saat beraktivitas diluar rumah.

Terapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan). Konsumsi makanan sehat dan bergizi, serta rutin berolahraga sehingga imun tubuh meningkat, agar tidak tertular virus corona.

“Kurangi aktivitas diluar rumah dan tetap hindari kerumunan. Karena itu dimulai dari diri sendiri, dengan menjaga diri agar terhindar dari Covid-19. Waspadai gejala umum seperti demam, batuk kering dan kelelahan,” sebut Andi.

“Jika memiliki gejala tersebut, langsung hubungi gugus tugas atau Dinas Kesehatan di daerah masing-masing. Tetap optimis dan disiplin menjalankan protokol kesehatan,” pungkasnya. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top