INTERNASIONAL

Dubes Negara-Negara Eropa Dukung Kampanye Bersepeda di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersepeda bersama para duber negara-negara Eropa. (Foto: FB Anies Baswedan)

JAKARTA, Kate.id – Sejumlah duta besar (dubes) negara-negara Eropa ikut mendukung kampanye bersepeda yang digaungkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hal ini terungkap dalam kegiatan Anies bersepeda bersama para Duta Besar negara-negara Nordik sebagai bagian dari EU Climate Diplomacy Week 2020, Kamis (5/11/2020).

Diungkapkan Anies, Dubes Uni Eropa, Denmark, Swedia, Norwegia, dan Finlandia turut mendukung penggunaan transportasi sepeda dengan mengadakan kegiatan The Nordic Bicycling Event. Jakarta dipilih untuk mengampanyekan kehidupan perkotaan yang sehat dan berkelanjutan serta transportasi ramah lingkungan.

“Kami berterima kasih kepada para Dubes negara-negara Nordik yang sudah ikut merasakan dan merayakan penggunaan sepeda yang lebih masif di Jakarta. Harapannya nanti lebih banyak lagi yang melakukan kegiatan seperti ini,” ungkap Anies.

Kata dia, Pemprov DKI memang sedang mendorong masyarakat menggunakan alat transportasi yg ramah lingkungan. Karena itu terus menggenjot pembangunan infrastruktur untuk fasilitas ramah lingkungan baik trotoar pejalan kaki, jalur sepeda, kendaraan umum, kita dorong supaya Jakarta menjadi kota yang lebih ramah lingkungan.

“Kemudian, kami menyadari bahwa selama masa pandemi Covid-19 ini ada suasana baru. Beberapa bulan ini yang bersepeda di hari kerja di sekitar Sudirman-Thamrin mengalami lonjakan 10 kali lipat menurut data Dishub. Artinya, kita sudah mulai menyaksikan orang beralih menggunakan sepeda sebagai alat transportasi, tidak hanya sebagai alat olahraga,” urai Anies.

Pemprov DKI, sambungnya, berkomitmen untuk terus meningkatkan infrastruktur bagi kendaraan ramah lingkungan dan pejalan kaki. Anies menargetkan untuk membangun jalur sepeda hingga 500 km di seluruh Jakarta, sekarang sudah terbangun 63 km.

“Dengan tersedianya infrastruktur yang nyaman, kami berharap akan lebih banyak lagi warga yang akan beralih bersepeda. Dan ketika sumber polusi berkurang, maka langit biru ada di Jakarta, beberapa bulan kita sudah rasakan itu,” tegasnya. (luk)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top