EKONOMI & BISNIS

Revolusi Jagung Jadi Program Prioritas Pemkab Kutai Kartanegara

Sekda Kukar Sunggono ikut memanen jagung di Kecamatan Sebulu. (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Revolusi jagung merupakan program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Hal ini diungkapkan Plt Bupati Kukar Chairil Anwar dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono pada acara panen jagung di Kelompok Tani Pada Idi, Dusun Harapan Jaya, Desa Sanggulan, Kecamatan Sebulu, Rabu (4/11/2020).

Sunggono dalam kesempatan itu memulai proses panen jagung. Dia membacakan sambutan Plt Bupati Kukar Chairil Anwar yang menyebut program revolusi jagung merupakan salah satu prioritas Pemkab Kukar.

Revolusi jagung menjadi bagian strategi dalam transformasi perekonomian Pemkab Kukar dari sumber daya yang tidak terbarukan kepada sumber daya yang dapat terbarukan. Khususnya sektor pertanian dalam arti luas dan pariwisata.

“Untuk itu, ketergantungan perekonomian Kabupaten Kutai Kartanegara dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui harus dilakukan. Dengan strategi trasformasi ekonomi dengan berbasis sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti sektor pertanian dalam arti luas dan pariwisata” tutur Chairil dalam sambutan yang dibacakan Sunggono.

Dia menyatakan, selama ini struktur ekonomi Kabupaten Kutai Kartanegara sebagian besar didominasi Sektor Pertambangan dan Penggalian yaitu sekira 73 persen. Sementara sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan baru mencapai lebih dari 10 persen.

Untuk itu Chairil berharap program revolusi jagung dapat menyasar rumah tangga miskin yang memiliki lapangan usaha di bidang pertanian. Agar dapat meningkatkan pendapatan mereka dan secara bertahap akan terlepas dari kelompok rumah tangga miskin.

“Harapan kami, dengan produksi jagung yang melimpah menjadi peluang usaha bagi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) khususnya Bumdes Sanggulan, dan memberikan peningkatan taraf hidup para petaninya,” ujar Chairil. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top