EKONOMI & BISNIS

Pengusulan Bantuan Pelaku Usaha Mikro Tahap II Ditutup November Ini

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kukar Tajuddin.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Dinas Koperasi dan UKM Kutai Kartanegara (Kukar) mengingatkan 18 kecamatan untuk segera mengusulkan para pelaku usaha mikro yang berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Yaitu bantuan pelaku usaha mikro (BPUM) yang menjadi bagian program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tajuddin menjelaskan, BPUM merupakan program pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM. Yang memberikan dana segar senilai Rp 2,4 juta kepada para pelaku usaha mikro.

“Untuk tahap pertama Juli sampai tanggal 15 September lalu. Tahap pertama sudah kami ajukan ke pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM,” sebutnya.

Dikatakan, untuk pendaftar tahap I saja masyarakat Kukar dari 18 kecamatan yang terdaftar sebanyak 10.878 orang. Lalu pada Oktober silam, Dinas Koperasi dan UKM Kukar kembali mendapat surat edaran perpanjangan untuk tahap kedua. Pengusulan para penerima untuk tahap II ini bakal berakhir pada akhir November 2020 ini.

“Menindaklanjuti itu kami sudah membuat surat edaran ke 18 kecamatan. Untuk menghimpun dan mengusulkan masing-masing (pelaku usaha di) kecamatan ke Dinas Koperasi dan UKM. Yang belum mengusulkan tahap pertama agar mengusulkan ke dinas koperasi dan UKM,” terang Tajuddin.

Diketahui, UKM formal atau yang sudah memiliki izin di Kukar saat ini sebanyak 4.788. Dari total 56.213 UKM yang ada di Kutai Kartanegara. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top