METROPOLIS

Pemkab Kutai Kartanegara Sudah Tertibkan Dua Tower Tanpa IMB

Eksekusi penyegelan Tower Telekomunikasi di jalan Naga Indah oleh tim Satpol PP Kukar. (Foto: Hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Sikap tegas diambil Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) yang telah menertibkan dua Tower Telekomunikasi sampai awal November 2020.

Yang terbaru penyegelan tower milik PT Solusi Tunas Pratama (STP) Jakarta oleh tim penindakan Perda Satpol PP Kukar. Masalahnya, pendirian tower tersebut tanpa memiliki Izin Mendirikan Bangunan(IMB).

“Di pertengahan tahun kami juga menyegel satu tower di Loa Janan. Sedangkan satu lagi tower milik PT STP di Tenggarong,” papar Plh Kepala Satpol PP Kukar, Yuliandris Suherdiman, Rabu (4/11/2020) siang.

Penyegelan tower yang dilakukan timnya berdasarkan laporan masyarakat dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kukar. Dianggap layak disegel karena tidak memiliki IMB. Penyegelan sudah mendapat izin dari Pengadilan Tenggarong.

“PT STP belum mendapatkan IMB, tetapi sudah berani bangun tower. Jelas mendapatkan penolakan dari masyarakat,” ucapnya.

Yuliandris dibuat kesal oleh pelanggar perda tersebut yang dinilai sangat merugikan Kukar. Di tengah Kukar sedang gencar-gencarnya mencari celah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena IMB ada tarifnya yang masuk ke kas daerah.

“Kami berharap pihak perusahaan punya niatan baik untuk melanjutkan mengurus IMB-nya. Dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku,” harap mantan Sekretaris Disdikbud Kukar ini.

Yuliandris memberikan peringatan, bila tidak diurus ke DPMPTSP untuk melanjutkan proses kepengurusan izinnya, maka akan berlanjut ke koordinasi lanjutan. Apakah harus mengambil jalan pembongkaran atau tidak. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top