METROPOLIS

‘PDAM Mini’ Dibangun untuk Kebutuhan Air Bersih Muara Enggelam

Pemandangan Desa Muara Enggelam dilihat dari atas.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Instalasi pengolahan air bersih atau water treatment plant (WTP) tengah dipersiapkan di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). ‘PDAM Mini’ ini tengah dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat yang tinggal di atas sungai tersebut.

Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersinar Desaku Ramsyah menuturkan, saat ini tengah proses pembangunan panggung yang akan menjadi lokasi peletakan WTP dimaksud.

“Panggungnya tingginya enam meter, tempat menaruh WTP-nya nanti. Water pump sejenis PDAM minilah. Jadi nanti diolah air bersih dan disalurkan ke masyarakat,” tutur Ramsyah.

Dijelaskan, arena panggung WTP dibangun karena muara enggelam ini berada di atas sungai. Sehingga harus membangun tempat dengan jangkauan yang cukup tinggi.

Pembangunan ‘PDAM Mini’ ini merupakan bagian dari program penyediaan air minum dan sanitasi (Pamsimas). Untuk menunjang masyarakat yang sejahtera melalui penyediaan air yang bersih. Program pamsimas ini sendiri merupakan program Dinas Perumahan Rakyat yang bermitra dengan pemerintahan desa. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top