EKONOMI & BISNIS

Ketahanan Pangan Kutai Kartanegara Penting dalam Menyongsong Ibu Kota Negara Baru

Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling melakukan presentasi pengembangan potensi pertanian dan ketahanan pangan di Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (4/11/2020) di ruang kerja wakil bupati. (foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling melakukan presentasi pengembangan potensi pertanian dan ketahanan pangan di Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (4/11/2020). Bertempat di ruang kerja wakil bupati, presentasi ini mendapat apresiasi dari Plt Bupati Kukar Chairil Anwar.

“Saya mengapresiasi atas presentasi pengembangan potensi pertanian dan ketahanan pangan di Tenggarong Seberang oleh Dandim 0906/Tgr,” ungkap Chairil.

Disebutkan, ketahanan pangan telah menjadi isu sentral dalam kerangka pembangunan nasional. Pangan merupakan kebutuhan yang paling mendasar bagi manusia, sehingga pangan sangat berperan dalam pertumbuhan ekonomi. Khususnya, untuk menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kaltim, tepatnya di Kabupaten Kukar dan Penajem Paser Utara (PPU).

Chairil menyatakan, penguatan ketahanan pangan di Kukar harus terus dipertahankan. Pasalnya Kukar sebagai salah satu daerah penyangga IKN yang baru di Kaltim.

“Artinya apa yang dipresentasikan Dandim 0906/Tgr turut memperkuat ketahanan pangan Kukar. Tentunya ini harus disinergikan dengan semua stakeholder yang ada. Sehingga apa yang diharapkan kedepannya benar-benar dapat direalisasikan dengan baik,” ujarnya.

Dalam pertemuan Dandim tersebut, Chairil meminta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar terus melakukan komunikasi. Yaitu komunikasi sinergitas dengan Dandim 0906/Tgr dalam memperkuat ketahanan pangan.

Bukan hanya itu, desa-desa yang terdapat di kecamatan sebagai penyangga IKN yang nantinya juga diprioritaskan dalam memenuhi kebutuhan pangan. supaya dapat terus dikembangkan di wilayah masing-masing.

“Saya juga meminta agar peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat, dapat diarahkan dalam pengembangan potensi pertanian, seperti di Kecamatan Loa Janan, Loa Kulu, Tenggarong Seberang, dan kecamatan lainnya,” tegas Chairil. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top