HUKUM & KRIMINAL

Menteri LHK Sebut UU Cipta Kerja Tidak Akan Menimbulkan Eksplorasi

Menteri LHK Siti Nurbaya.

JAKARTA, Kate.id – Terkait Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya meyakini bahwa keberadaan peraturan tersebut tidak akan menimbulkan eksplorasi.

Prinsip kehati-hatian di dalam lingkungan tertuang pada Undang-Undang tersebut dan akan dituangkan juga di peraturan pemerintah atau PP.

“Prinsip-prinsip dari Undang-Undang Lingkungan yang ada itu tidak diganggu, yang dibetulin adalah prosedurnya,” ujarnya.

Secara praktik, sebut Siti, untuk tidak menimbulkan overeksploitasi ataupun kerawanan lingkungan, terdapat beberapa instrumen kontrol. Salah satunya adalah instrumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

“Kita akan terapkan teknisnya nanti di PP, yaitu batasan ataupun instrumen kontrol daya dukung dan daya tampung. Jadi setiap ekosistem, setiap lanskap itu punya daya dukung dan daya tampung, dan itu ada cara untuk mengukurnya,” terang Siti.

Ditambahkannya, pendekatan dari konsep perizinan berusaha adalah terutama di standar. Maka penerapan norma, standar, pedoman, dan kriteria itu juga dipakai sebagai instrumen. Selain itu, lanjut Siti, juga ada penegakan hukum atau law enforcement.

“Kami di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan men-develop kelembagaan untuk pengawasan dan pembinaan pengawasan yang berlapis,” paparnya.

Ditambahkan Sity, yang paling penting adalah bagaimana pelaksanaannya secara teknis. (luk)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

POPULER

To Top