METROPOLIS

Diskominfo Kutai Kartanegara Rampungkan Rangkaian Bimtek KIM

Suasana bimtek KIM di Pantai Panrita Lopi. (Foto: Diskominfo Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Rangkaian bimbingan teknis (Bimtek) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) akhirnya berakhir, Selasa (3/11/2020). Muara Badak menjadi lokasi terakhir dari Bimtek yang telah digelar tujuh kali ini di berbagai daerah di Kukar.

Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah menuturkan, KIM merupakan sarana pemberdayaan informasi masyarakat. Selain itu keberadaan KIM di sejumlah wilayah lebih kepada layanan publik yang dibentuk. Dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat.

“KIM dapat tumbuh dan berkembang secara mandiri, keberadaannya sebagai wahana informasi di dalam masyarakat untuk memperlancar arus informasi masyarakat dengan pemerintah. Selain KIM dapat mengakses dan mengelola informasi guna meningkatkan literasi informasi demi mengatasi kesenjangan informasi bagi masyarakat setempat,” ujar Bahteramsyah.

Dijelaskan, pembentukan KIM di berbagai wilayah ini penting dilakukan lantaran memiliki peranan yang strategis dalam upaya menyongsong era digitalisasi 4.0. Ke depannya KIM perlu ditingkatkan kemampuannya dalam mengakses informasi yang tertera di sejumlah media.

“Karena kami harapkan masyakat lebih peka, aktif, peduli, dalam memilah dan memilih informasi yang beredar dan berkembang selama ini,” jelasnya.

Sementara itu Camat Muara Badak Arfan menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Diskominfo Kukar tersebut. Menurutnya keberadaan Bimtek yang digelar di wilayahnya itu akan dapat menjadi corong informasi daertah khususnya Muara Badak dalam menyampaikan sejumlah informasi produktif kepada khalayak ramai.

“Bimtek ini digelar dalam memberikan sejumlah bekal kepada para anggota KIM dalam mengolah sejumlah informasi yang beredar di kalangan masyarakat. Selain itu dengan kehadiran KIM nantinya masyarakat diharapkan dapat lebih cerdas dalam memilah dan memilih sejumlah informasi yang tersaji dalam sejumlah media baik itu media massa elektronik maupun media sosial,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua KIM Muara Badak Ahmad atau yang lebih dikenal dengan sapaan Daeng Lompo mengatakan, dengan keberadaan KIM Muara badak ke depannya masyarakat akan dapat aktif dalam menemukan dan mengenali masalah.

“Selain itu para anggota KIM ini juga dapat memecahkan masalah tersebut, membuat keputusan serta melaksanakan keputusan bersama. Oleh kerenanya para anggota KIM ini mesti dan harus mengasah kemampuan dari berbagai sektor. Seperti di antaranya pengembangan di bidang industrialisasi, kemajuan teknologi dan inovasi dalam meningkatkan sejumlah potensi wilayah muara badak,” sebut pemilik Pantai Panrita Lopi ini. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top