METROPOLIS

Samboja Barat dan Kota Bangun Barat Jadi Kecamatan Baru di Kutai Kartanegara

Ilustrasi wilayah Kukar dalam peta. (Gambar: UMM)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Jumlah kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengalami penambahan di 2020 ini. Yaitu Daerah Otonomi Baru (DOB) Kecamatan Samboja Barat dan Kecamatan Kota Bangun Darat.

Penambahan ini usai pengesahan peraturan daerah (Perda) pembentukan dua kecamatan baru oleh DPRD Kukar Juli silam.

Asisten I Bagian Pemerintahan Sekretaris Kabupaten (Setkab) Kukar Akhmad Taufik Hidayat menuturkan, saat ini pihaknya masih menunggu kode wilayah dari pemerintah pusat. Dalam hal ini dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Saat ini kami masih menunggu kode wilayah untuk kedua kecamatan baru itu Samboja Barat dan Kota Bangun Darat. Kode wilayah diperkirakan akan keluar di Desember ini,” urai Taufik.

Dijelaskan, saat ini upaya yang dilakukan pemkab adalah dengan mempersiapkan legalitas lahan. Yang diproyeksikan untuk dijadikan pembangunan infrastruktur pusat pemerintahan kecamatan.

“Pemda saat ini mempersiapkan lokasi lahan untuk bangunan sarana prasarana infrastruktur di dua Kecamatan ini. Kalau untuk di kecamatan Samboja Barat itu letaknya di Desa Tani Bhakti, kalau di Kota Bangun Darat itu lahan yang dipersiapkan di Desa Kedang Ipil,” ungkapnya.

Lebih lanjut disebutkan Taufik setelah lahannya sudah siap, langkah yang segera dirampungkan membuat struktur organisasinya. Berikutnya mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) aparatur yang ditempatkan di kecamatan yang baru.

“Efektifnya ya baru di tahun 2022 sudah bisa bekerja. Paling cepatnya ya di 2021 perubahanlah untuk efektivitas berputarnya roda pemerintahan bagi dua kecamatan baru ini,” tandas Taufik. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top