EKONOMI & BISNIS

Bapenda Kutai Kartanegara Beri Keringanan Pembayaran PBB

Kepala Bapenda Kukar Totok Heru Subroto. (Foto: Hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan program keringanan bayar pajak bumi dan bangunan (PBB). Keringanan ini ditujukan bagi masyarakat Kukar yang belum bayar PBB pada jatuh tempo per 30 September 2020 lalu.

“Jatuh tempo pembayaran PBB kami perpanjang dari Oktober-Desember 2020,” jelas Kepala Bapenda Kukar Totok Heru Subroto.

Selain itu, terdapat program keringanan pembayaran PBB lainnya seperti bagi yang belum membayar PBB periode 2014-2019, maka tidak akan dikenakan denda lagi. “Denda kami hapus 100 persen asal membayar di tahun ini juga,” ungkapnya.

Totok mengakui untuk pendapatan PBB tidak terlalu besar karena nilai objek pajak juga kecil. Ada yang hanya bayar PBB Rp 50 Ribu per tahun, ada juga yang di bawah itu. Karena nilainya kecil, tingkat kepatuhan membayar PBB juga rendah.

“Tingkat kepatuhannya hanya tembus 30 persen saja per tahun dari total wajib pajak yang bayar. Makanya kami naikkan lagi targetnya menjadi 40 persen. Dari PBB terkumpul Rp 3 miliar per tahunnya,” bebernya.

Totok punya konsep bagaimana meningkatkan kepatuhan pembayaran PBB bagi wajib pajak. Bisa saja syarat memasukan anak sekolah harus sudah melunasi PBB terlebih dahulu. Ini baru sebatas rencana dan tampaknya akan berhasil jika diterapkan ke depannya.

“Silahkan bayar PBB di loket terdekat pembayaran pajak. Bisa juga melalui ATM Bankaltimtara. Bahkan bisa juga melalui aplikasi Go-Pay dari bawaan Gojek,” tandasnya. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

POPULER

To Top