METROPOLIS

Bupati Beri Beasiswa untuk Empat Pelajar Kutai Kartanegara Kuliah ke Amerika Serikat

Empat pelajar Kukar saat menerima bantuan laptop dari Pemkab Kukar. (Foto: Hik/kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) dalam bidang pendidikan kembali diwujudkan. Yaitu dengan pemberian beasiswa bagi empat pelajar Kukar yang lolos seleksi kuliah di Universitas Sampoerna Jakarta dan Universitas Arizona, Amerika Serikat (AS).

Pemkab Kukar berkomitmen membiayai agar empat pelajar tersebut selesai kuliah dan kembali ke Kukar. Melalui perjanjian kerja sama antara Pemkab dengan pelajar tersebut.

“Tolong kepada Disdikbud Kukar, buatkan perjanjian kerja sama dengan mereka. Agar selesai kuliah bisa kembali ke Kukar, karena Pemkab Kukar sudah biayai secara full, ” tutur Bupati Edi Damansyah saat penyerahan bantuan laptop bagi empat pelajar tersebut, Selasa(7/7/2020) pagi di Pendopo Bupati Kukar.

Edi tidak menyangka, ternyata ada anak Kukar yang bisa lolos seleksi kuliah di Universitas Arizona Amerika Serikat, yang sudah bekerja sama Universitas Sampoerna Jakarta. Padahal seleksinya sangat ketat se-Indonesia. Pemkab Kukar berkomitmen akan memberikan beasiswa kepada empat pelajar tersebut agar selesai dan bisa mengabdi di Kukar.

“Selamat, kalian bisa tembus kuliah di Universitas Arizona, meski terlebih dahulu kuliah di Universitas Sampoerna. Ada semester tertentu kuliahnya di AS. Saya saja belum pernah ke AS. Ini ada orang Muara Muntai bakal kuliah di AS, ini prestasi luar biasa,” ucap Edi.

Sebagai bentuk komitmen Pemkab Kukar terhadap peningkatan kualitas SDM Kukar, Pemkab siap membiayai selama kuliah melalui program beasiswa tematik. Yang sudah Pemkab terapkan sebagai pengganti bantuan pendidikan yang selama ini sulit terukur.

“Mudah-mudahan kuliahnya lancar empat tahun, ya paling lama lima tahun selesai. Setelah itu kembali ke Kukar untuk mengabdi dan membagikan ilmunya ke Kukar. Saya pesan juga kepada kedua orang tuanya untuk mendukung mereka,” jelas Edi.

Foto bersama antara Bupati, orang tua dan pelajar yang lolos kuliah di Universitas Arizona AS. (foto: Hik/kate.id)

Edi menjelaskan kenapa dirinya berani mengambil tawaran pemberian beasiswa tersebut. Karena pihak Sampoerna Foundation menawarkan pembiayaannya setengah-setengah. Setengah dari pihak Sampoerna setengahnya dari Pemkab Kukar. Dan ini seleksinya yang menentukan bukan pihak Universitas Sampoerna tetapi ditentukan langsung oleh Universitas Arizona.

“Dari mereka ini bisa dibuktikan bahwa pelajar Kukar juga memiliki kualitas yang tidak kalah dengan daerah lainnya dan mampu bersaing secara global, ” ujar Edi dengan nada yakin.

Sementara itu Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Disdikbud Kukar Pujianto mengatakan, selama mereka kuliah di Jakarta dan AS, untuk biaya hidup sudah ditanggung secara penuh oleh Pemkab Kukar. Selain itu biaya tiket Pergi Pulang (PP) selama lima kali, serta biaya penunjang lainnya selama berkuliah di Jakarta dan AS.

“Untuk biaya kuliah ditanggung oleh Sampoerna Foundation sedangkan biaya hidup dibiayai Pemkab Kukar,” jelasnya.

Keempat pelajar yang lolos tersebut bernama lengkap Vicrie Luthfy El Karomy dan Bahagia Dito Mangkuluhur dari SMAN 1 Tenggarong. Keduanya mengambil jurusan kuliah Bahasa Inggris. Sedang Moh Erwin Septianto dari SMAN 1 Loa Kulu mengambil jurusan Ilmu Komputer, serta Muhammad Fadhillah Idrus asal SMAN 1 Muara Muntai yang juga mengambil jurusan ilmu Komputer. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top