POLITIK

Seleksi Kepala OPD Kaltim Bakal Dievaluasi Melalui Pansus DPRD

Ketua Fraksi PKB DPRD Kaltim Syafruddin. (Foto: Ferry/kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Ketua Fraksi PKB DPRD Kaltim Syafruddin mengusulkan untuk segera membentuk panitia khusus (pansus). Untuk mengevaluasi proses seleksi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kaltim yang diduga bermasalah.

Syafruddin menyebut jawaban Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Hadi Mulyadi terhadap proses seleksi dari lima kepala OPD belum bisa diterima oleh Fraksi PKB. Dirinya merasa tidak mendapatkan jawaban yang sesuai terutama di saat dia meminta Wagub Kaltim untuk menjelaskan adanya pensiunan aparatur sipil negara (ASN) yang dijadikan ketua tim seleksi (Timsel) Kepala OPD Kaltim.

“Untuk kepala OPD yang proses seleksinya bermasalah kami sudah mendengarkan penyampaian Pak Wagub. Tetapi sama sekali tidak menyentuh substansi dari apa yang dipertanyakan oleh Fraksi PKB,” sebut Syafruddin.

“Terutama penjelasannya Pak Wagub dari 5 OPD ini. Salah satunya adalah ASN yang sudah pensiun masih menjadi ketua timsel Kepala OPD. Ini kan yang kami pertanyakan tetapi tidak dijelaskan,” sambungnya.

Terlebih Syafruddin juga mengatakan dirinya telah mengantongi bukti-bukti kepala OPD yang tidak lulus tetapi malah diluluskan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim. Bahkan dia menganggap bahwa proses seleksi tersebut tidak transparan karena tidak melibatkan kalangan akademisi dan independen di Kaltim.

“Ada orang yang tidak lulus tetapi diluluskan. Kan ada bukti-butinya ini. Lalu secara tidak transparan pengumuman siapa saja yang lolos. Bahkan timsel tidak melibatkan kalangan akademisi atau tim independen lain di Kaltim. Dan itu semua menjadi pertanyaan”, beber Syafruddin.

“Tetapi jika melihat jawabannya pemerintah ini jauh dari substansi. Ibarat kata jauh panggang dari api”, tambahnya.

Hal inilah yang mendasari fraksi PKB menginisiasi untuk mendorong agar dibentuknya pansus. Agar dapat menyelidiki dan memperdalam lagi temuan-temuan terkait pelanggarannya.

Rencana pembentukan pansus evaluasi proses seleksi lima kepala OPD Kaltim pun saat ini telah dikebut dan sudah ada 4 fraksi yang menyetujuinya. Antara lain Fraksi PKB, PDIP, Golkar dan Gerindra.

Sehingga dalam waktu dekat ini DPRD Kaltim akan membentuk tiga pansus yaitu pansus evaluasi seleksi lima kepala OPD, pansus evaluasi Perusda, dan pansus evaluasi pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Terkhusus untuk pansus evaluasi seleksi lima kepala OPD, dirinya mengatakan hal tersebut tidak akan menghambat kerja-kerja dewan. Secara teknis dia menyampaikan bahwa pansus OPD akan ditargetkan rampung sebulan. Pansus juga akan memberikan rekomendasi seperti mengulang proses seleksi kepala OPD.

“Pansusnya ini kan cepat aja. Ini kan pansus yang kerjanya sebulan selesai. Kan cukup memanggil ketua timselnya, BKD, administrasinya, lalu menperdalami dugaan pelanggarannya dan memberikan rekomendasi. Bentuk rekomendasi kan jelas misalnya pansus meminta untuk mengulang proses seleksi kepala OPD,” jelasnya.

Ia menegaskan bahwa pansus baru tidak akan menganggu program kerja dewan yang lain. Terlebih tidak adanya kegiatan kunjungan kerja. (fer)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top