METROPOLIS

Diseminasi Informasi Pembangunan, Pemkab Kutai Kartanegara Bentuk KIM Kota Djuang Sangasanga

Penyerahan SK KIM Kota Djuang Sangasanga.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) kembali melakukan pendataan ulang dan pembentukan terhadap pengurus Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Djoeang di Kelurahan Sangasanga Dalam, Kecamatan Sangasanga, Senin (01/07/2020) lalu. Ini dilakukan sebagai upaya menguatkan pelaksanaan diseminasi informasi pembangunan.

Pembentukan KIM Kota Djoeang tersebut dilakukan langsung Kabid Pengelola Komunikasi Publik (PKP) Ahmad Rianto dan seksi SDKP Hermawan. Rapat pembentukan KIM berlangsung di Kantor Kelurahan Sangasanga Dalam guna memastikan keberadaan struktur kepengurusan KIM yang telah dibentuk. Dan menjadi Kepengurusan KIM yang pertama di wilayah Kecamatan Sangasanga.

Lurah Sangasanga Dalam, Muliady Suganda mewakili Camat Sangasanga menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan Diskominfo Kukar sangat strategis. Sebagai sarana untuk menyinergikan kebijakan pemerintah dan masyarakat di lingkungan kelurahan Sangasanga Dalam dalam hal mengelola informasi dan komunikasi publik.

Muliady menaruh harapan besar kepada KIM Kota Djoeang Sangasanga Dalam mampu mengangkat produk UMKM, pertanian, perikanan, PKK, agar bisa diekspose ke berbagai laporan masyarakat secara luas.

“Saya pesan KIM yang sudah dibentuk dapat dimanajemeni dengan baik. Dan dapat menjadi corong informasi kepada khalayak umum. Kami dari pemerintah kelurahan selalu siap mendukung keberadaan KIM,” harap Mulyady.

Anggota KIM dari Kota Juang Sangasanga siap berkontribusi untuk daerah.

Sementara itu Hermawan mengatakan dengan terbentuknya KIM Kota Djoeang di Kelurahan Sangasanga Dalam, pihaknya dapat mengetahui pasti sejauh mana perkembangan atau eksistensi kepengurusan KIM di kelurahan. Sekaligus pihaknya melakukan penyeragaman konsep tata naskah dinas surat keputusan kepengurusan KIM.

Guna memaksimalkan peran KIM di lapangan, maka peran pemerintah kabupaten (pemkab) melalui Diskominfo Kukar akan melakukan bimbingan teknis (bimtek) KIM di Kabupaten Kukar. Termasuk pada KIM Kelurahan Sangasanga akan dilaksanakan Bimtek.

Peran Lurah dapat melakukan evaluasi terhadap susunan kepengurusan yang bisa direvisi jika memang itu diperlukan. Kominfo Kukar menyarankan agar membentuk wadah komunikasi dengan pengurus KIM melalui WA group untuk memperlancar koordinasi tugas dengan KIM.

“KIM ini dari dan oleh masyarakat, namun tetap butuh legalitas dari pemerintah sebagai dasar kami dari sisi pemerintah melakukan pembinaan lebih lanjut. Maka SK KIM pembentukannya diterbitkan oleh Camat Sangasanga,” ujarnya.

Sementara itu Kabid PKP Diskominfo Kukar Ahmad Rianto menambahkan, pihaknya berharap mendapat dukungan dari berbagai pihak. Untuk mendukung kinerja KIM dalam rangka penyebarluasan informasi dan potensi wilayah kelurahan.

Pihaknya menargetkan pendataan dan pembentukan tersebut dapat dituntaskan pada tahun ini. Ke depannya masing-masing KIM akan dibuatkan subdomain website sebagai salah satu wadah untuk memublikasikan kegiatan dan potensi di masing-masing wilayah.

“KIM sangat penting di masyarakat, sebagai bagian dari edukasi dan literasi untuk menerima dan menyebarluaskan informasi. KIM juga mampu melakukan aktivitas yang produktif sehingga memberi dampak secara ekonomi bagi anggotanya dan masyarakat, ” jelasnya.

Ahmad Rianto mencontohkan Pantai Panrita Lopi Kecamatan Muara Badak yang awalnya dari nol kini sangat terkenal akibat pergerakan dan kemasan informasi dari KIM. “Dalam pergerakan seperti ini kita harus bergerak terlebih dahulu tanpa berpikiran mendapat bantuan anggaran dari pemerintah,” tegasnya. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top