METROPOLIS

Presiden Jokowi Ingin Berkantor di Ibu Kota Negara Baru Juli 2024

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi (Dok. Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim) secara bertahap terus dilakukan oleh Pemerintah. Meski tengah mengalami pandemi Covid-19 tak menghalangi rencana besar tersebut. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan bisa berkantor diakhir masa jabatannya pada Juli 2024 mendatang.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi. “Beliau (Presiden Jokowi) minta di bulan Juli 2024 beliau sudah bisa berkantor di Ibu Kota Negara,” katanya, baru-baru ini.

Hadi menjelaskan, pemerintah tetap melanjutkan rencana pemindahan IKN. Meski ada penundaan dari segi waktu rencana pembangunannya, karena pandemi Covid-19.

“Kita dapat informasi rencananya kan akhir Desember akan di groundbreaking (peletakan baru pertama). Tapi karena ada Covid-19 ini tentu ada penundaan,” ungkapnya.

“Tapi kita tetap dapat kepastian dari Presiden bahwa pembangunan IKN tetap berjalan sesuai dengan rencana, walaupun ada kemunduran dari segi waktu,” sambungnya.

Hadi mengungkapkan, berdasarkan informasi yang diterimanya pembangunan yang akan menjadi prioritas awal selain aksebilitas seperti jalan tol, yaitu pusat perkantoran pemerintahan termasuk Istana Presiden di wilayah IKN nanti.

“Yang akan dibangun itu lembaga lembaga tinggi negara, istana presiden itu yang akan dibangun pertama kali. Sehingga beliau (Presiden Jokowi) minta di bulan Juli 2024, beliau sudah bisa berkantor di Ibu kota negara,” tandasnya. (lim)

Editor: Sandy Hidayat

Comments

BERITA TERBARU

To Top