METROPOLIS

Jelang Iduladha, Pemprov Kaltim Pastikan Stok Hewan Kurban Mencukupi

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kaltim Dadang Sudarya meninjau hewan kurban di salahsatu peternak Kaltim. (Dok. HUmas Pemprov Kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – Walaupun pelaksanaan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban 1441 Hijriah/2020 masehi masih menyisakan waktu sekitar satu bulan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim telah mempersiapkan hewan kurban berupa sapi maupun kambing.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kaltim Dadang Sudarya mengatakan, ketersediaan hewan kurban untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah mencukupi.

“Untuk Kaltim sudah dipersiapkan hewan kurban seperti sapi dan kambing masih mencukupi keperluan. Bahkan stoknya melebihi prediksi dari kebutuhan masyarakat di hari raya kurban tahun ini,” kata Dadang Sudarya, Ahad (28/6/2020).

Dadang menambahkan pihaknya sudah menyiapkan sebaik-baiknya supaya tidak terjadi kekurangan yang dilakukan para peternak dari berbagai daerah di Kaltim.

“Penggemukan sapi di Balikpapan ada sekitar 1.200 ekor, Samarinda dan Kutai Kartanegara ada 1.500 ekor. Belum lagi peternak dari daerah lainnya. Intinya kebutuhan hewan kurban tahun ini sangat mencukupi,” papar Dadang.

Untuk kebutuhan lokal, diakui Dadang, sebenarnya sudah mencukupi. Dimana, sapi disiapkan sekitar 55 – 65 persen, sementara kambing sekitar 40 persen.

“Para peternak sapi kita di Teritip Balikpapan, PPU, Paser, Samarinda maupun daerah lainnya, jauh hari sudah mempersiapkan hewan kurban. Masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan, karena stok kita melebih dari kebutuhan,” tandas Dadang.

Selain dari lokal, ujar Dadang, hewan kurban didatangkan dari luar Kaltim, seperti dari Sulawesi Tengah, NTB, Jawa Timur, sehingga kebutuhan hewan kurban untuk Kaltim sangat mencukupi.

“Insya Allah, ketersediaan mencukupi. Disamping pasokan dari luar daerah, maka pasokan peternakan Kaltim juga akan menambah ketersediaan hewan kurban,” ujar Dadang Sudarya. (hms)

Comments

BERITA TERBARU

To Top