METROPOLIS

Fase Relaksasi, Masyarakat Bontang Diharap Tak Cemas Berkunjung ke RSUD

pelayanan di RSUD Taman Husada Bontang (Dok. Istimewa)

BONTANG, Kate.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang dalam penerapan fase relaksasi, pelayanan fasilitas kesehatan (faskes) telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pencegahan dan penanganan Covid-19. Untuk itu diharapkan masyarakat tak lagi merasa was-was jika ingin berkunjung.

Kepala Seksi Pelayanan dan Pengembangan Medik RSUD Taman Husada Bontang, dr I Wayan Santika memaparkan prosedur protokol kesehatan sebelum memasuki RSUD pengunjung wajib menggunakan masker, mencuci tangan di wastafel yang telah disediakan, kemudian melakukan pengecekan suhu tubuh oleh petugas, terakhir dilakukan skrining pada pengunjung.

“Petugas skrining akan bertanya apakah pengunjung ada riwayat perjalanan dari luar negeri atau daerah yang terkontaminasi Covid-19. Apakah ada riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid-19, serta apakah ada keluhan seperti batuk, deman, pilek, sakit tenggorokan dan sesak napas,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wayan menuturkan dari proses prosedur tersebut jika ditemukan ada gejala-gejala yang mengarah terhadap Covid-19 pengunjung akan diarahkan ke gedung Covid Center terpisah dengan gedung utama.

“Jadi tidak semua kita arahkan di sini, ada ruangan khusus, tetapi kalau hanya demam, batuk biasa tetap area ini hanya perlu memakai masker, ” paparnya.

Apabila ditemukan pengunjung tidak menggunakan masker, pengunjung bisa membeli di koperasi yang ada di RSUD Taman Husada Bontang.

Selain itu, RSUD Taman Husada Bontang memberlakukan beberapa kebijakan seperti membuka poliklinik sesuai jadwal yang ditetapkan dengan pembatasan jumlah pasien.

Dengan syarat tetap menerapkan protokol kesehatan, selalu menggunakan masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan dengan sabun, jaga jarak minimal 1 meter, dan jujur pada petugas medis.

“Seperti tempat duduk di sana kita kasih tanda agar tetap menerapkan sosial distancing,” pungkasnya. (sp)

Comments

BERITA TERBARU

To Top