METROPOLIS

Betulungan Bersihkan Jalan, Bupati Kutai Kartanegara Kerja Bakti Bersama Pramuka Peduli

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah (jaket merah) saat turut serta membersihkan lumpur di jalan bersama Pramuka. (Foto: ist)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Beberapa tahun terakhir, istilah betulungan, bahasa daerah Kutai yang bermakna gotong-royong, tidak asing bagi warga Kutai Kartanegara (Kukar). Tidak sekadar membangun kepedulian, tetapi juga sebagai perwujudan rasa ikhlas bersama-sama membangun Kukar.

Hal itu turut dilakukan ratusan anggota Pramuka Kukar yang menggelar kegiatan kerja bakti membersihkan jalan poros Tenggarong-Samarinda yang dipenuhi lumpur. Tak hanya mengganggu pengguna jalan yang melintas, lumpur di jalan poros tersebut juga membuat akses utama menuju Tenggarong tak sedap di pandang mata.

Atas inisiatif anggota Pramuka dari Kwartir Cabang Kukar, kegiatan gotong-royong pun digelar pada Jumat (26/6/2020) kemarin. Kegiatan tersebut dipimpin langsung Bupati Kukar Edi Damansyah.

Sambutan para anggota pramuka atas kedatangan bupati begitu hangat. Terlebih lagi Edi Damansyah juga merupakan Ketua Kwarcab Pramuka. Mereka begitu antusias dan bersemangat menggelar kerja bakti.

Secara perlahan, sekop yang mereka bawa mengangkat tumpukan lumpur yang sudah mulai mengeras. Meski diguyur hujan gerimis, tidak mengurangi aktivitas bakti sosial tersebut.

“Kedatangan Pak Bupati membuat kami makin semangat. Beliau tidak hanya Ketua Kwarcab, tetapi juga merupakan orang tua kami di pramuka,” ujar salah seorang anggota pramuka.

Anggota Pramuka Kutai Kartanegara saat berbincang dengan Edi Damansyah.

Sementara itu Edi Damansyah mengatakan, keikhlasan serta semangat betulungan yang tertanam pada anggota Pramuka ini benar-benar natural datang dari mereka. Selain itu, dalam proses pembinaan secara rutin, anggota Pramuka memang telah diajarkan untuk bergotong-royong agar berbagai permasalahan bisa lebih cepat selesai.

“Saya tentu saja merasa bangga dengan semangat mereka kali ini. Mereka ini juga merupakan masa depan Kukar. Terutama angota pramuka yang masih usia sekolah. Kami harapkan bisa terus terpupuk semangat gotong-royong tersebut,” imbuh Edi.

Tak sekadar melakukan peninjauan, Edi juga turun langsung mengambil satu per satu tumpukan lumpur di bibir jalan. Dia begitu bersemangat tanpa banyak kata. Edi Damansyah selama ini memang dikenal sebagai kepala daerah yang dekat dengan masyarakat. Terlebih lagi dengan kebiasaannya mendatangi warga hingga ke pelosok desa. (ahy)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top