METROPOLIS

Bupati Kutai Kartanegara Berikan Bantuan APD ke Penyelenggara Pemilu

Bupati Kukar Edi Damansyah (tengah) saat penyerahan bantuan APD ke KPU dan Bawaslu. (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan bantuan Alat Pelindung Diri(APD) kepada penyelenggara pemilu pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kukar, Jumat (26/6/2020) siang.

Bantuan ini diberikan berangkat dari keprihatinan tahapan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kutai Kartanegara (Kukar) yang sudah mulai berjalan di masa kenormalan baru (New Normal). Namun tetap menjalankan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Penyerahan bantuan APD dilakukan langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah di sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kukar yang bersebelahan dengan kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar.

“APD yang kami berikan hari ini ke penyelenggara pemilu agar dalam melaksanakan tugas dan pengawasan Pilkada dapat terhindar dari penularan corona. Sehingga terjadi pemutusan mata rantai penularan Covid-19 di Kukar,” kata Edi.

Menurut dia, pelaksanaan dan pengawasan Pilkada yang dilakukan jajaran KPU dan Bawaslu Kukar juga mengedepankan protokol kesehatan covid-19.

“Semoga kelengkapan APD ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Ini juga merupakan amanat undang-undang untuk memfasilitasi penyelenggara KPU dan Bawaslu Kukar dalam menjalankan tugasnya di lapangan,” ujarnya.

Ketua KPU saat menerima APD secara simbolis. (Foto: Humas Pemkab Kukar)

Bantuan tersebut diapresiasi oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Kaltim, Yusuf. Dia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kukar. Kata Yusuf, Bantuan APD sempat dibahas di tingkat pusat dan akan ditanggung melalui APBN dalam item belanja APD.

Namun di tengah pandemi yang masih berlangsung, diperkirakan agak sulit kalau mengandalkan APBN. Makanya di Bawaslu Kaltim sudah mengarahkan ke Bawaslu kabupaten, untuk berkoordinasi dan komunikasi agar bisa dibantu oleh pemerintah daerah.

“Terima kasih kepada Pemkab Kukar yang mau membantu Bawaslu Kukar. Karena tahapan persiapan pemilu berjalan terus seberapa pun bantuan APD kami terima,” ujarnya.

Sementara itu Ketua KPU Kukar Erliyando Saputera juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kukar yang telah membantu APD ke penyelenggara pemilu. Karena saat ini tahapan pemilu verifikasi faktual (verfak) calon perseorangan sudah berjalan sejak 24 Juni 2020. Dan penyelenggara dalam menjalankan tugas verfak di lapangan banyak bertemu dengan orang banyak serta sangat berpotensi penyebaran virus.

“APD yang sangat sederhana dan dibutuhkan mendesak adalah masker dan penyanitasi tangan, bisa dipakai saat verfak. Info yang kami terima, KPU Pusat menganggarkan pembelian APD untuk penyelenggara pemilu di daerah. Namun kapan realisasinya kami tidak tahu, ” ucapnya.

Untuk diketahui, APD yang diserahkan ke KPU dan Bawaslu terdiri dari masker kain sebanyak 18.752 lembar, sarung tangan 36.692 lembar, face shield 4.688 dan 413 botol penyanitasi tangan dengan total nilai Rp 371.879.960. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top