GAME

Game MOBA Pokemon Diumumkan, Dapat Dislike Seratusan Ribu di YouTube

Cuplikan game Pokemon Unite. (Foto: The Pokemon Company)

Kate.id – The Pokemon Company (TPC) mengumumkan game Pokemon terbaru mereka, Pokemon Unite. Game ini bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) ini diumumkan dalam acara Pokemon Presents yang ditayangkan di YouTube, Rabu (24/6/2020).

Menariknya, video pengumuman yang dipandu President & CEO TPC, Tsunekazu Ishihara itu mendapat reaksi negatif dari warganet. Malahan hingga berita ini diturunkan, Kamis (25/6/2020), video di kanal Official Pokemon YouTube Channel itu mendapat 168 ribu dislike atau reaksi tidak suka.

Jumlah jempol ke bawah itu berbanding jauh dengan jumlah like atau suka yang hanya 76 ribu saja. Artinya, video pengumuman itu mendapatkan lebih dari dua kali tidak suka dibandingkan suka. Komentar-komentarnya pun banyak yang menghujat dan menyampaikan kekecewaan.

Laman Pokemon Global News di Facebook lantas membandingkan reaksi warganet pada video Pokemon Presents tersebut dengan video trailer pengumuman game Metroid Prime: Federation Force yang tayang 2015. Jumlah dislike pada video Pokemon Presents disebut melampaui jumlah dislike pada video Metroid Prime: Federation Force.

Sebelumnya trailer Metroid Prime: Federation Force merupakan merupakan video berasosiasi Nintendo dengan jumlah dislike terbanyak yaitu 94 ribu dislike. Alhasil kini video Pokemon Presents menjadi video berasosiasi Nintendo yang mendapatkan dislike terbanyak.

Tampilan Pokemon Presents yang mendapat banyak dislike. (tangkapan layar)

Rupa-rupanya jumlah dislike yang begitu banyak itu merupakan bentuk kekecewaan penggemar terhadap pengumuman dari TPC. Karena sebelumnya TPC menyebut pengumuman tersebut sebagai “pengumuman besar”. Sehingga sempat membuat penggemar banyak berharap terhadap game terbaru Pokemon sebagai game utama serial Pokemon. Namun yang diumumkan malah game spin-off bergenre MOBA.

“Wajar saja penggemar kecewa, dislike, bahkan menghujat TPC, karena ekspektasi mereka tinggi. Apalagi pada pengumuman sebelumnya mereka disuguhi berita tentang versi baru game klasik Pokemon Snap,” ungkap Lukman Maulana, pemerhati serial Pokemon di Indonesia kepada Kate.id.

Kata dia, label “pengumuman besar” yang diklaim TPC sebelum merilis video Pokemon Presents memberi harapan kepada penggemar pada serial utama Pokemon. Di antaranya game buat ulang dari game Pokemon generasi keempat Diamond/Pearl hingga buat ulang game Pokemon generasi kedua sekaligus sekuel Let’s Go Pikachu/Eevee.

“Dengan kemampuan Nintendo Switch, banyak penggemar berharap TPC, khususnya GameFreak selaku developer membuat game Pokemon dengan skala yang lebih besar, bahkan lebih realistis. Karena banyak yang kecewa dengan Pokemon Sword/Shield yang dianggap tidak berevolusi dari game-game pendahulunya,” beber Lukman.

Meski telah menampilkan cuplikan gameplay dalam video Pokemon Presents, namun TPC belum mengungkap kapan tanggal rilis game yang dikembangkan perusahaan Tiongkok, Tencent tersebut. Kabar baiknya, game yang hadir di platform Nintendo Switch dan mobile Android/iOS ini bakal tersedia gratis dan mendukung cross-platform. (jon)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top