METROPOLIS

Di Saat Sepuluh Pasien Sembuh, Kaltim Tambah Kasus Meninggal Dunia Covid-19

Ilustrasi pasien meninggal dunia (Dok. Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Laju perkembangan kasus positif dan sembuh dari Covid-19 di Kaltim terus mengalami kenaikan. Tercatat hari ini Rabu 24 Juni 2020, kasus terkonfirmasi Covid-19 bertambah sembilan kasus dan kasus sembuh 10 kasus. Disisi lain, ada satu kasus meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak pada saat video conference melalui aplikasi zoom cloud video meeting, Rabu (24/6/2020).

“Perkembangan virus Covid-19 di Kaltim menunjukan bahwa potensi penularan masih cukup ada sehingga dituntut kewaspadaan dan kepedulian kita. Artinya kasus ini bisa saja meningkat jika kita tidak mematuhi protocol kesehatan disetiap aktivitas kita,” ujar Andi pada rilis perkembangan Covid-19 pada Rabu petang (24/6).

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak.

Andi merincikan sembilan kasus positif baru sebagai berikut:

Kabupaten Berau Satu Kasus

  1. BRU 43 (Laki-laki 33 tahun) merupakan kasus OTG Pelaku perjalanan dari Surabaya yang akan kembali bekerja di Berau. Kasus dirawat di RSUD Abdul Rivai Berau.

Kota Balikpapan Dua Kasus

  1. BPN 142 Laki-laki 31 tahun merupakan kasus OTG warga Balikpapan yang akan kembali bekerja ke Kalimantan Selatan, kasus dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo.
  2.  BPN 143 Perempuan 31 tahun merupakan kasus OTG warga Balikpapan yang melakukan pemeriksaan Covid-19 secara mandiri, kasus dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo

Kabupaten Paser Empat Kasus

  1. PSR 23 Perempuan 48 tahun, merupakan PDP dengan keluhan sesak napas dan mempunyai penyakit penyerta DM. Pasien dirawat di RSUD Panglima Sebaya sejak tanggal 16 Juni, pada tanggal 17 Juni dilakukan pengambilan specimen Covid-19. Pada tanggal 18 Juni pk. 03.18 WITA pasien dinyatakan meninggal dunia dan Pada tanggal 23 Juni hasil laboratorium terkonfirmasi positif Covid-19.
  2. PSR 24 (Perempuan 42 tahun), PSR 25 (Laki-laki 18 tahun), PSR 26 (Wanita 10 Tahun) merupakan OTG kontak erat PSR 20, kasus dirawat di RSUD Panglima Sebaya

Kabupaten Kutai Barat Dua Kasus

  1.  2 Kasus (KBR 28 Laki-laki 54 tahun, KBR 29 Laki-laki 48 tahun) merupakan kasus OTG Warga Kutai Barat yang baru tiba dari Halmahera Maluku Utara. Kasus dirawat di RSUD Harapan Insan Sendawar.

Kemudian kasus sembuh setiap harinya terus mengalami peningkatan. Pada hari ini, terjadi penambahan 10 kasus diantaranya tiga kasus dari Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara dua kasus, Kabupaten Kutai Timur dua kasus, Kota Samarinda dua kasus dan Kabupaten Berau satu kasus.

Seluruh kasus tersebut dinyatakan sembuh karena dari hasil laboratorium Rujukan Covid-19 dinyatakan dua kali dengan hasil negati serta hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala.

Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) terjadi penambahan 204 kasus, sehingga total menjadi 12.124 kasus, selesai pemantauan 11.505 kasus dan masih dalam proses pemantauan 619 kasus.

Dapat disimpulkan kasus terkonfirmasi positif di Kaltim berjumlah 456 kasus, negatif 1.725 kasus, sembuh 334 kasus, probable 1 kasus, meninggal dunia enam kasus dan masih dirawat 116 kasus.

“Peningkatan kasus masih terjadi di Kaltim, untuk itu perlu kewaspadaan dan kepedulian, artinya kasus-kasus ini bisa saja menunjukan peningkatan apabila kita tidak mematuhi protokol kesehatan disegala aktifitas,”tegasnya. (lim)

Editor: Sandy Hidayat

Comments

BERITA TERBARU

To Top