METROPOLIS

Pastikan Tepat Sasaran, Bupati Kutai Kartanegara Pantau Langsung Penyaluran BLT-DD

Bupati Edi Damansyah menyalurkan BLT-DD di desa Giri Agung Sebulu. (foto: ist)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Belum lama ini Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melakukan kunjungan lapangan ke Desa Giri Agung, Kecamatan Sebulu. Kunjungan pria yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 ini dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan monitoring pendistribusian Bantuan Langsung Tunas Dana Desa (BLT-DD) kepada warga terdampak, ingin memastikan bantuan yang diberikan pemerintah tepat sasaran.

Dalam peninjauan lapangan ke desa yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Tenggarong Seberang ini Edi tidak sendirian. Dia menggandeng Asisten I Setkab Kukar Bidang Pemerintahan dan Kesra Akhmad Taufik Hidayat, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa(DPMD) Dafip Haryanto, Camat Sebulu Mochfizar, unsur muspika, tokoh agama, masyarakat dan sejumlah undangan lainnya.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Kukar juga menyerahkan secara simbolis BLT-DD Tahap 2 kepada tiga orang perwakilan warga. Dan selanjutnya mendatangi rumah warga yang berhak menerimanya.

Edi berharap bantuan yang diberikan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Khususnya untuk membeli kebutuhan dasar pokok sembako. “Mudah-mudahan bantuan yang diberikan, mampu mengurangi beban ekonomi kelurga dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih terjadi,” ungkapnya.

Dia juga berharap penerima BLT-DD tepat sasaran dan dipastikan tidak menerima bantuan dari program lain. Seperti program keluarga harapan(PKH), bantuan pangan non tunai(BPNT) dari pemerintah pusat. Tidak juga sudah menerima bantuan program sembako dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Kukar.

Kata dia, BLT-DD ini harus dibelanjakan untuk kebutuhan pokok, bukan untuk hal lain. BLT-DD ini terbatas dan diberikan dalam jangka waktu 3 bulan untuk jatah bulan April, Mei, dan Juni. Adapun selanjutnya telah dipersiapkan kebijakan pemberian BLT-DD tahap 3 untuk tiga bulan berikutnya oleh Pemerintah Pusat.

Bupati Edi Damansyah (tengah) menyalurkan BLT-DD di desa Giri Agung Sebulu. (foto: ist)

Edi mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada kepala desa (kades) beserta pengurus BPD yang telah melakukan refocusing anggaran untuk BLT-DD dengan segera. Juga kepada Ketua RT maupun para Relawan serta tokoh masyarakat sebagai garda terdepan di lapangan yang sudah kerja keras dan cepat untuk mempersiapkan proses penyaluran BLT-DD.

Selain memberikan bantuan BLT-DD, Bupati Edi juga berkesempatan meresmikan rumah dinas untuk perawat Pusban Giri Agung. Rumah dinas ini merupakan bantuan dari perusahaan tambang batu bara PT KPUC yang beroperasi di wilayah Sebulu.

Edi juga meresmikan kantor Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Giri Agung berlabel Prima, yang bergerak dalam bisnis usaha air bersih dan pencucian kendaraan. Yang diharapkan perekonomian makin bergeliat dan menjadi pendapatan asli desa.

“Saya berpesan agar rumah inap perawat bisa dijaga dan dirawat dengan baik sehingga berguna dalam waktu yang lama. Semoga usaha BUMDes Giri Agung semakin lancar dan berkembang, memberikan dampak yang positif ke masyarakat,” pungkasnya. (hik)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top