NASIONAL

Menko Polhukam Klaim Pemerintah Sukses Mengurangi Karhutla

Menko Polhukam Mahfud MD (tengah) saat memberikan keterangan pers di halaman Istana Negara, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (23/6/2020). (Foto: Humas/Rahmat)

JAKARTA, Kate.id – Pemerintah mengklaim telah berhasil meminimaliasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) di Halaman Istana Negara, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Kata dia, pemerintah telah menyiapkan semua langkah. Baik untuk memitigasi, mencegah, menyelesaikan, serta melakukan tindak lanjut menghadapi penanganan karhutla. Lebih lanjut Menko Polhukam menyampaikan bahwa penanganan karhutla sudah sering diadakan setiap tahun karena masih ada yang terjadi.

”Sehingga tadi Bapak Presiden mengundang menteri terkait yang hari ini bersama saudara saya mewakili Rapat Terbatas tadi,” ujar Mahfud.

Menurut dia, beberapa tahun terakhir Pemerintah telah berhasil meminimalisasi kebakaran hutan. Sehingga bencana-bencana yang agak besar dan membuat geger sudah dapat dikatakan tidak lagi terjadi.

”Protes-protes dari aktivis lingkungan hidup maupun dari negara-negara lain dalam 4-5 tahun terakhir ini sejak tahun 2016, 2017 dan seterusnya sudah tidak begitu gencar. Karena kita telah menyiapkan semua langkah, baik untuk memitigasi, mencegah, menyelesaikan, dan melakukan tindak lanjut,” sebut Mahfud.

Pada rapat tadi, dia menyampaikan bahwa menghadapi tahun 2020 masalahnya sekarang bukan hanya soal kebakaran hutan yang harus diantisipasi. Tetapi juga bersamaan dengan menyelesaikan pandemi virus corona baru (Covid-19).

”Sehingga kami menyiapkan langkah-langkah bersama tadi untuk menghadapi musim kemarau yang akan atau yang biasa berpindah-pindah dari pulau ke pulau tergantung bulannya dan tergantung lokasinya,” pungkasnya. (jon)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

BERITA TERBARU

To Top