NASIONAL

Kominfo Gandeng Operator Bantu Sektor Pendidikan di Tengah Pandemi

JAKARTA, Kate.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng para operator telekomunikasi untuk mendukung sektor pendidikan yang terkena imbas dari pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). 

Ada enam program yang didukung operator di bidang pendidikan antara lain Paket 50 Giga untuk pelajar dan mahasiswa, Indihome bisa dipakai untuk 10 mahasiswa di tempat tinggal sementara (Kos), Paket aplikasi U meet me gratis untuk mahasiswa dan dosen, paket gratis penggunaan ruang guru, paket gratis untuk akses pembelajaran milik universitas, dan pelatihan gratis bersama lembaga pendidikan untuk guru dan mahasiswa.

“Tentunya dengan menjalin kerja sama terlebih dahulu dengan Kominfo dan operator selular. Tidak sendiri-sendiri,” kata Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum, Henry Subiakto melalui Webinar Diseminasi Informasi di Era Pandemi Covid-19 pada Minggu (21/6/2020).

Menurut dia, penggunaan teknologi berbasis internet di tengah pandemi menjadi alternatif bagi para pemangku kepentingan sektor pendidikan untuk saling berkomunikasi. Bahkan, dalam beberapa minggu terakhir ini, terdapat institusi yang sudah mulai menggunakan teknologi internet dalam proses belajar mengajar.

Kominfo memandang, kata dia, sektor pendidikan harus diprioritaskan mendapatkan bantuan di tengah mewabahnya virus ini. Sebagian besar penyelenggaraan pendidikan di dalam negeri akan segera beradaptasi dengan menggunakan metode pembelajaran jarak jauh menggunakan teknologi (e-Learning).

Sehingga, kebutuhan akan akses internet saat ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik di berbagai tingkatan. “Saat ini penggunaan internet naik tajam sabanyak 443 persen, rata-rata penggunaan pada aplikasi tatap muka seperti zoom ini,” kata Henry Subiakto.

Pemerintah telah menggandeng operator seluler untuk memberikan diskon kuota internet yang totalnya mencapai Rp1,9 triliun per bulan kepada masyarakat. “Kami prioritaskan diskon yang diberikan oleh operator kepada para peserta didik,” tuturnya.

Diketahui, enam program di atas, merupakan bagian dari diskon kuota yang diberikan oleh operator seluler senilai total Rp1,9 triliun. Yang tujuannya untuk diberikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di berbagai wilayah.

Diskon yang diberikan berasal dari Telkomsel memberikan diskon sebesar Rp1,4 triliun, Telkom Fixed memberikan diskon sebesar Rp156 miliar, Indosat Rp130 miliar, XL Axiata sebesar Rp82 miliar, Smart Telekom sebesar Rp50 miliar, H3I (Tree) sebesar Rp3 miliar, dan Sampurna Telekom Rp2 miliar. (ip)

Comments

BERITA TERBARU

To Top