METROPOLIS

Bupati Penajam Paser Utara Diisukan Beli Pulau di Sulawesi Barat

Abdul Gafur Mas'ud. (Foto: Lifepal)

PENAJAM PASER UTARA, Kate.id – Pulau Malamber yang masuk wilayah Sulawesi Barat dikabarkan dijual oleh seorang warga kepada Abdul Gafur Mas’ud yang tak lain adalah Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim).

Isu pembelian pulau itu lantas ditepis Abdul Gafur. Dia mengklaim bahwa pulau itu punya keluarganya sejak dahulu, malah sudah lama sebelum Indonesia merdeka.

“Dari kakek nenek kita dahulu. Kebetulan orang tua saya orang Mandar Sulawesi Barat, saya cucu dari KH Muhammad Husain, hanya saya bingung diisukan demikian,” ujar bupati muda yang masih berusia 32 tahun itu, Jumat (19/6/2020).

Gafur menduga isu pembelian pulau itu diembuskan terkait sengketa wilayah antara Kaltim dan Sulawesi Barat. Dia mengaku memang sempat mengunjungi Pulau Malamber dan pulau-pulau lain yang ada di antara Kaltim dan Sulbar. Tetapi kunjungannya sebatas sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo).

Politisi Partai Demokrat itu menduga ada kekhawatiran pada para pejabat di Sulbar lantaran dirinya menjadi Bupati PPU di Kaltim. Kata Gafur, dari dahulu daerah tersebut memang menjadi perebutan.

“Tetapi saya tidak masuk wilayah situ. Saya datang ke sana, ke-12 pulau itu, karena saya ketua umum Aspeksindo, yaitu asosiasi Kepala daerah Kepulauan dan Pesisir seluruh Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut Gafur mengungkap, dalam kunjungannya ke pulau-pulau itu termasuk pulau yang diisukan dijual, dia menemukan banyak kekurangan. Di antaranya masih banyak nelayan yang mencari ikan dengan cara terlarang, seperti pakai bom dan bius.

“Jadi saya mengecek saja langsung. Kebetulan banyak keluarga di tengah pulau-pulau itu, antara Kaltim dan Sulawesi Barat,” bebenrya.

Gafur kembali menegaskan bila isu pembelian pulau itu tak benar. Malahan dia merasa isu itu bagus bagi dirinya. (***)

Editor: Jonathan Antonius

Comments

POPULER

To Top